Aturan Baru Terlihat Modis di Tahun Ini

Emma Stone dalam berbagai gaya busana.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Aturan berbusana untuk tampil modis tahun ini, berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Menurut ahli gaya dan fesyen Paula Ryan, saat ini tidak ada aturan baku untuk berbusana supaya terlihat modis.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Hal tersebut diamini editor fesyen Fairfax Karlya Smith dan manajer perusahaan pakaian wanita Witchery, Gavin Gage. Menurut mereka, semua aturan fesyen yang pernah ada, kini sudah dilanggar.

Gage mengatakan agar terlihat cantik dan modis, sebaiknya hanya menonjolkan fitur terbaik tubuh Anda, bukan seluruh fitur tubuh. "Misalnya, tunjukkan salah satu atau belahan kaki, tapi tidak kedua kaki," katanya, dikutip dari Stuff.  

Ramadhan Datang Lagi, Ashanty Ketagihan Jualan Live

Jika Anda memiliki pinggul lebar atau paha besar, disarankan mengenakan celana ringan dan lebar. Sedangkan jika memiliki dada yang penuh, kenakan pakaian dengan leher V atau bentuk ujung sendok.

Di sisi lain, Smith berpendapat, lebih baik mengenakan pakaian dengan kesan berlebihan dibanding tidak mencolok sama sekali. Namun, itu tergantung masing-masing individu dan sebaiknya disesuaikan dengan kepribadian.

KHANAAN Tribute to Palestine: Bukti Fesyen Mencerminkan Tantangan dan Harapan

Memadukan fesyen dengan kualitas baik dan standar atau berharga murah, menurut Ryan, tidak menjadi masalah, asalkan terlihat cocok. Mengenai perpaduan warna dalam fesyen juga tidak haram hukumnya, justru terlihat menarik.

Sementara aturan fesyen lain yang bisa dilanggar, namun tetap terlihat menarik, yakni gaun sequin yang sebelumnya hanya digunakan untuk pesta malam, kini bisa Anda kenakan kapan dan di manapun asalkan sesuai dengan acara. Selain itu, aturan jangan mengenakan pakaian mini ketika usia sudah lebih dari 30 tahun juga bisa dilanggar.

"Saya menentang setiap aturan yang menempatkan batasan usia pada pakaian. Jika kaki Anda adalah bagian tubuh favorit Anda, Anda harus menunjukkan kepada mereka kapanpun Anda mau," ujar Smith.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya