Trik Terbaik Merawat Kain Tenun dan Songket Betawi

Ketua Yayasan Sejarah Kain Tenun Nusantara Anna Mariana bersama suami
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Menjaga dan merawat wastra nusantara tentunya tidak sama dengan jenis kain lainnya. Kendati sama seperti kain nusantara pada umumnya, khusus untuk tenun dan songket Betawi memiliki perawatan berbeda.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Motif yang dihadirkan oleh kain songket dan tenun Betawi membawa khasanah baru bagi budaya Indonesia. Menurut Anna Mariana selaku Ketua Yayasan Sejarah Kain Tenun Nusantara, merawat tenun dan songket Betawi sangat sederhana.

"Keindahan wastra nusantara Indonesia seperti tenun dan songket Betawi  memerlukan perawatan khusus," ujar Anna  saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 9 Februari 2017.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

Caranya, setelah dipakai, jangan langsung dicuci tapi angin-anginkan selama beberapa jam. Lalu jika kain songket dan tenun terlanjur kotor, gunakan cara modern dengan dry clean atau cara tradisional dengan mencuci menggunakan merang, bukan sabun.

Setelah itu, simpan songket dan tenun dengan cara digulung dan jangan dilipat karena lipatan pada wastra nusantara akan meninggalkan bekas. Menggulung songket bisa dengan dilapisi kertas untuk menghindari kontak antara benang pakan.

Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT, Ivan Gunawan Hadirkan Keindahan Kain Sotis

Untuk menghindari hewan ngengat, sara dia, Anda bisa menaburkan cengkeh dan lada di sekitar kain. Usahakan setiap dua hingga tiga bulan buka gulungan songket dan tenun dan angin-anginkan agar tidak lembap dan berjamur.

"Untuk menyimpannya harus dalam tempat kering dengan keadaan songket atau kain digulung. Berikan cengkeh dan lada sebelum menggulung untuk menghindari hewan ngengat maka dengan ini bisa menambah usia tenun dan songket selama 30 tahun," tuturnya.

Koleksi Mamuli Sumba by Ghea Panggabean.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Koleksi menakjubkan dengan judul "MAMULI SUMBA," adalah sebuah tribut terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita penenun Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023