Wajib Tahu soal Pigmentasi dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi perawatan wajah
Sumber :
  • Pixabay/Chezt beate

VIVA.co.id – Apakah Anda memiliki bintik-bintik gelap atau warna kulit tidak merata? Jika ya maka hal itu menunjukkan tanda-tanda pigmentasi kulit.

5 Alasan Penting Menggunakan Tabir Surya untuk Melindungi Kulit

Warna kulit manusia ditentukan oleh banyaknya pigmen (melanin) dan paparan sinar matahari serta sinar UVA merangsang produksi melanin. Melanin menciptakan warna cokelat atau gelap pada kulit Anda.

Dan flek dapat muncul setelah 10 sampai 20 tahun kulit mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ahli kecantikan SkinLab, Dr Jamuna Pai menjelaskan, tanda-tanda awal pigmentasi biasanya muncul pada wajah, seperti di pipi, hidung, dahi.

Kandungan ini Diklaim Mampu Ganti Hydroquinone, Atasi Hiperpigmentasi

Karena itu, perhatikan area tersebut.Sebab, setiap bentuk perubahan warna, penampilan kulit tidak merata bisa menjadi awal dari pigmentasi di daerah itu.

"Jika Anda melihat tanda-tanda seperti pigmentasi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit," katanya, seperti dilansir dari Times of India.

Menguak Penyebab Hiperpigmentasi pada Remaja

Menurutnya, pigmentasi tidak bisa sepenuhnya diatasi tanpa rezim perawatan kulit yang tepat. Saran dia, gunakan sunblock yang sesuai dengan kulit dua sampai tiga kali sehari, mengonsumsi suplemen antioksidan serta vitamin C dan asam folat.

Selain itu, pakai krim pencerah kulit yang baik dan lakukan chemical peeling atau laser. Anda juga harus menghindari paparan sinar matahari terlalu sering dan langsung.

Di samping itu, Anda pun bisa menggunakan bahan alami. Misalnya, campuran setengah lemon dan setengah potong kentang berukuran sedang.

Caranya, parut kentang dan peras. Kemudian campur dengan perasan lemon, lalu aplikasikan sebagai masker. Lemon kaya asam sitrat yang dapat membantu pemutih kulit. Sementara, kentang mengandung enzim catecholase, yang dapat mencerahkan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya