Rasasvada, Baju Batik bagi Wanita Mandiri Berjiwa Petualang

Koleksi busana batik Parang Kencana.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Produsen batik ternama Parang Kencana mengeluarkan koleksi terbaru untuk Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2017. Kali ini khusus untuk kaum wanita “kekinian.”

Gibran Borong Batik untuk Jan Ethes dan La Lembah

Koleksi terbaru ini mengusung tema Rasasvada, yang dalam filosofi India artinya adalah the taste of bliss in the absence of all thoughts. Seluruh koleksinya menggambarkan sosok perempuan modern yang mandiri dan mencintai budaya batik Tanah Air, namun memiliki jiwa untuk berpetualang dan menjelajah dunia.

Sedikitnya ada 30 koleksi yang dikeluarkan Parang Kencana untuk PIFW 2017. Seluruh koleksi yang dikeluarkan terdiri dari busana ready to wear dan gaun cocktail dengan sentuhan material alat tenun bukan mesin (ATBM) sutra yang dipadupadankan dengan lurik.

Pamer Pakai Batik, Bintang Emon Curi Perhatian Warganet

"Seluruh koleksi menggunakan material ATBM sutra yang dipadupadankan dengan lurik," ujar Mariana Sutandi, pendiri Parang Kencana, dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id.

Dia menuturkan bahwa gaun cocktail yang ditampilkan tersebut menggunakan material ATBM sutra dan tenun Parang Kencana. Koleksi terbaru ini didominasi dengan pilihan palet warna yang beragam, seperti merah, hijau, ungu dan emas.

Perkenalkan Batik Kepada Anak, Enggak Cuma Bisa Lewat Pakaian Lho

Melalui proses cap dan tulis, Parang Kencana mengeluarkan motif bunga bayangan dan efek gradasi pada batik. Aplikasi teknik gradasi ini lahir pada tahun 1994 dan sejak itu menjadi salah satu ciri khas dari batik Parang Kencana.

"Kami pun menghadirkan beberapa gaun dengan palet warna yang beragam, seperti merah, hijau, ungu dan emas. Koleksi itu didominasi proses cap dan tulis khas Parang Kencana dengan motif bunga dan efek gradasi pada batiknya," kata Mariana. (ren)

Deretan anak artis pakai batik.

Bikin Gemes, Potret Lucu 11 Anak Artis Pakai Batik

Batik identik dengan pakaian orang dewasa karena umumnya pakaian ini digunakan di berbagai acara formal.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2021