Makna Tersembunyi di Balik Pesona Tenun Tanimbar

Tenun Tanimbar
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Kekayaan alam Indonesia begitu beragam. Di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, objek alam di hutan maupun laut yang beragam bisa memiliki banyak arti.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Makna dalam ragam objek alam tersebut dituangkan masyarakat Maluku lewat kecantikan motif kain tenun. Sehingga unsur alam yang beragam tersebut dapat terlihat.

"Ulerati itu artinya ulat kecil yang bermakna cinta akan kehidupan, tunis artinya waspada dan hati-hati pada kehidupan dan motif anggrek hutan yaitu mengenai keuletan dan kecantikan yang ada di para perempuan," ujar Elizabeth Werembinan, Kadin Koperasi dan UKM Maluku Tenggara Barat, dalam media gathering INPEX dan Tenun Gaya, di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu 10 Mei 2017.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

Selain itu, ada juga motif sair yang berbentuk bendera, melambangkan kemenangan. Sedangkan, motif matantur, motif warna biru melambangkan laut Tanimbar yang kaya akan kekayaan laut.

"Saat kami berburu dan mencari mata pencaharian di laut, itu yang kami jadikan sumber untuk motif di atas kain kami yang membedakannya dengan kain tenun lainnya," kata Ety, sapaan akrabnya.

Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT, Ivan Gunawan Hadirkan Keindahan Kain Sotis

Selain motif, cirikhas lainnya dari tenun ikat Tanimbar yaitu adanya snur. Snur merupakan pembatas antara motif ikat dan warna utama kain.

"Ini juga memiliki makna bahwa segala sesuatu yang dilakukan memiliki batasan sesuai kewenangan seseorang," jelasnya.

Koleksi Mamuli Sumba by Ghea Panggabean.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Koleksi menakjubkan dengan judul "MAMULI SUMBA," adalah sebuah tribut terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita penenun Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023