Wasabi Ternyata Bisa Menyuburkan Rambut

Wasabi di atas ikan segar
Sumber :
  • Pixabay/ Wantawatt0

VIVA.co.id – Tak hanya nikmat dikonsumsi sebagai penambah rasa sashimi dan sushi, wasabi ternyata juga punya kegunaan lain, menstimulasi pertumbuhan rambut. Namun, perlu diingat, wasabi yang digunakan harus wasabi asli Jepang.

Memilih Minyak Rambut Terbaik: Panduan untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Dilansir laman Metro, berdasarkan artikel yang dimuat surat kabar Jepang, material penumbuh rambut yang terdapat dalam wasabi dikenalkan pertama kali di konferensi internasional bahan baku makanan, Eyefia Japan, di Tokyo belum lama ini.

Disebutkan bahwa senyawa kimia yang terdapat dalam tanaman wasabi yang disebut isosaponarin, dapat membantu percepatan pertumbuhan rambut dan mengatasi kebotakan. Efek serupa juga muncul dari penggunaan akar wasabi yang sempat diuji coba pada sel rambut manusia.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Laman Sora News 24 juga menyebutkan bahwa para peneliti menyebutkan senyawa ini tiga kali lebih efektif menumbuhkan rambut ketimbang produk sejenis lain yang sudah beredar di pasaran.

Penggunaan wasabi sebagai penumbuh rambut bukan dengan cara dimakan, melainkan mengusap kulit kepala dengan tanaman wasabi. Tetapi konsekuensinya kepala akan menjadi sangat bau.

Percayakan Manfaat Jahe untuk Pertumbuhan Rambut Sehat Secara Alami

Namun perlu diingat, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kebenaran dari temuan ini.

Ilustrasi rambut/wanita.

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut: Uban, Stres dan Genetik

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan lebih, seperti wajah, terlebih jika memiliki rambut panjang dan sering melakukan penataan rambut. Nah,

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024