Meriahnya Fashion Show Khusus Wanita Pendek

International Dwarf Fashion Show
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Sebelumnya standar kecantikan perempuan di dunia adalah tinggi, putih dan langsing. Akibatnya, hampir tidak ada tempat untuk perempuan di luar kriteria itu untuk tampil di panggung mode atau kontes kecantikan.

Fashion Show di Paris, Netizen Soroti Desain Baju Geprek Bensu

Salah satu kelompok yang merasakan diskriminasi adalah kalangan dwarfisme, yakni kalangan dengan suatu kondisi kelainan medis atau genetis, yang ditandai dengan tinggi tubuh pendek. Namun, sebuah organisasi nirlaba bernama International Dwarf Fashion Show berusaha menghilangkan standar tersebut.

Melalui ajang International Dwarf Fashion Show, mereka mefasilitasi para wanita bertubuh kerdil dengan bakat di bidang model. Mereka juga ingin mendobrak standar kecantikan yang diskriminatif.

Sinergi Terbarukan Fashion dan Art dalam Jakarta Fashion Trend 2022

Dengan memboyong tujuh wanita dwarfisme ke Dubai baru-baru ini. Ajang tersebut digelar untuk meningkatkan kesadaran di dunia fesyen yang lebih inklusif dan tanpa diskriminasi.

"Ini adalah perjalanan terjauh yang pernah saya lakukan. Perjalanan ini menjadi langkah besar," kata Colleen Theriault, salah seorang inisiator acara tersebut, seperti dilansir Arab News.  

Bazar Hingga Fashion Show Digelar Selama 3 Hari, Ada Apa Saja?

Dengan gaun bodycon yang berkilauan dan gaun cantik warna cerah, model bertubuh kerdill dari Amerika Serikat, Filipina, Italia, Bulgaria, dan Rusia berjalan di runway bernuansa taman di bawah lengkungan bunga berbentuk hati.

International Dwarf Fashion Show telah menarik perhatian dunia sejak diluncurkan pada tahun 2014 di New York Fashion Week. Ajang ini juga menarik perhatian di Tokyo dan Paris, serta mendapat dukungan dari Kementerian Kebudayaan Prancis.

"Kami hanya ingin menunjukkan kepada mereka bahwa kami seperti mereka. Semua orang hanya perlu diterima," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya