Tips Agar Tak Kecewa Beli Produk Preloved

Barang preloved di Irresistible Bazaar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria Fundrika

VIVA.co.id – Berbelanja produk preloved (secondhand, namun jarang dipakai) memang menyenangkan, mencari barang-barang preloved yang jumlahnya ribuan seolah sedang berburu harta karun. Terlebih jika bisa menemukan produk sesuai keinginan apalagi ditambah barang tersebut edisi terbatas atau justru sangat vintage dan sudah tidak ada di toko. 

Awas Ketipu, Ini Tips Belanja Online Barang Preloved Branded

Sempat ragu saat harus mendadani model dalam acara Carousell Runway, yaitu runway pertama untuk produk barang preloved, Erich Al Amin yang juga merupakan fashion stylist langganan selebriti seperti Titi Kamal, Luna Maya ini akhirnya justru ketagihan menggunakan barang preloved. 

"Styling jangan takut out of the box. Kadang beberapa orang main aman, pakai putih saja atau hitam saja. Kalau pintar cari referensi bisa main warna, menggunakan Carousell seperti menemukan hidden treasure yang vintage dan eggak lazim,"kata Erich dalam acara Carousell Runway, di Cipete, Jakarta Selatan. 

Tips Belanja Barang Preloved Branded Supaya Gak Kena Tipu

Penasaran ingin mencoba berbelanja preloved untuk Lebaran, namun takut karena belum berpengalaman sehingga takut ditipu. Erich membagikan tips berbelanja barang preloved, cek di bawah ini. 

Tentukan pilihan

Anak Muda Pecinta Fesyen, Catat Tanggal Bazaar Produk Branded Berikut

Benar sekali, wanita kerap silau saat sedang mencari barang. Jika melihat sesuatu yang lucu langsung dibeli, padahal dipakai saja tidak. Sebaiknya, sebelum membeli sesuatu yang bisa disebut 'kita banget' jangan asal beli

Kualitas barang

Bawel nanya itu wajib, apalagi karena barang yang dibeli merupakan produk preloved. Tanyakan pada penjual apa ada cacat atau kotor di produk tersebut.

Trusted seller

Ini penting banget, usahakan untuk membeli di penjual yang trusted. Dan membayar dengan pilihan cash on delivery.

Hindari barang chiffon dan lace

Karena, menurut Erich, Chiffon yang memiliki karakter tipis, jika dipakai berulang kali warnanya akan pudar, dan kain jadi lebih tipis. Selain itu, barang berbahan lace juga perlu dihindari karena bisa jadi tersangkut, robek, kedua jenis ini sangat rentan. Sebaiknya pilih barang berbahan jeans atau katun. 

Atau justru malah berminat untuk menjadi penjual? Anna, fashion influencer, yang juga mantan anggota girlband Princess membagikan tips untuk menjadi penjual barang preloved

"Keluarin barang di lemari dan dilihat sekiranya barangnya masih layak dipakai dan yang sudah bukan style kamu lagi, jadi mending dijual. Tapi sebelum dijual, cek dulu barangnya, kalau ada kotor dicuci sebelum dikasih, dilihat apa ada yang robek, lihat apa layak dijual atau tidak."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya