Begini Cara Mengatasi Masalah Kecantikan Saat Puasa

Ilustrasi mulut atau bibir wanita
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA.co.id – Kurangnya asupan makanan, minuman, pola makan dan jam tidur yang berubah saat puasa bisa
mempengaruhi kondisi kulit. Karena itu, waspada terhadap potensi mengalami masalah kulit.

Selama Puasa Dilarang Pakai Skincare dengan Bahan Ini, Kenapa?

Menurut dr Fadila Zitri dari NMW Skin Care Clinic, masalah kecantikan yang paling sering dialami selama puasa adalah kulit dan bibir menjadi kering. Keluhan kulit kering ini dapat mengganggu kenyamanan berpuasa.

"Permasalahan kulit yang sering terjadi yaitu kulit kering, bibir kering dan kulit tampak bersisik. Ini merupakan beberapa masalah yang dihadapi bagi mereka yang kurang menjaga pola makan saat sahur dan berbuka puasa," ujarnya kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Efektif Cegah Kulit Kering, Formula Ini Ampuh Beri Kelembapan Maksimal

Dia menuturkan, dari kulit kering tersebut suka timbul masalah baru. Beberapa di antaranya gatal, iritasi, kulit mengelupas dan kusam.

Dan bila Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan bernutrisi maka bibir kering akan menjadi pecah-pecah. Bahkan bisa menimbulkan sariawan.

Olla Ramlan Tegaskan Unggahan Minta Tolong di Instagram Berasal dari Hati Terdalam

"Kalau saat buka puasa dan sahur kurang mengonsumsi makanan sehat, selain kulit kering, bibir juga bisa menjadi kering dan pecah-pecah. Bahkan ini bisa menyebabkan sariawan," ucap dia.

Meski begitu Anda bisa mengantisipasinya dengan mengonsumsi air putih yang cukup sebanyak delapan gelas sehari, buah-buahan dan sayur. Selain itu, hindari terlalu banyak makan-makanan berminyak dan kurangi minum-minuman yang mengandung kafein atau soda dan gula.

Sebab kafein dan soda diketahui dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga memiliki efek negatif bagi kulit Anda. Sementara gula dapat membuat kulit dehidrasi lantaran menyerap hampir seluruh air dari sel-sel kulit sehingga kulit menjadi kering.

Gula juga dapat merusak kolagen di bawah kulit sehingga membuatnya menjadi kaku. Ketika kulit kehilangan elastisitasnya, kulit akan kendur, muncul jerawat hingga tanda penuaan dini.  

Selain menghindari konsumsi kafein dan gula, lakukan perawatan kulit secara benar dan teratur, seperti memakai lulur dua kali dalam sebulan dan memakai krim yang dapat melindungi dan merawat kulit. Rutinitas ini dapat mengembalikan tingkat mineral alami kulit dan menyeimbangkan produksi minyak atau sebum di kulit.

Untuk membuat bibir tidak kering, selain mengonsumsi cukup air, buah dan sayur saat sahur atau buka puasa, Anda bisa mengenakan lip balm yang mengandung petroleum, beeswax dan minyak esensial serta SPF. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya