Kulit Cantik dan Cerah dengan Perawatan Tanah Liat

Tanah Liat
Sumber :
  • Pixabay/ Luzimo

VIVA.co.id – Memiliki kulit cerah dan sehat menjadi dambaan setiap wanita. Demi mewujudkan keinginan tersebut, banyak cara yang dilakukan, mulai dari perawatan ke salon, hingga perawatan tradisional dan ekstrem.

Untuk Perawatan Kulit, Chaty Sharon: Makeup dan Skincare Harus Saling Mendukung

Tapi tahukah Anda, untuk mendapatkan kulit yang cerah ternyata bisa juga dilakukan dengan menjalani perawatan menggunakan tanah liat. Tanah liat dikenal sebagai salah satu pembersih alami yang paling ampuh karena bersifat detoksifikasi dan agen penyembuhan.

Untuk kesehatan kulit, tanah liat bermanfaat untuk membatasi minyak sebum pada permukaan kulit, mengurangi iritasi kulit dan mencegah penumpukan kotoran. Kendati demikian, tidak semua tanah liat memiliki manfaat yang sama untuk merawat keindahan kulit.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Berikut ini beberapa jenis tanah liat yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah dilansir Times of India.

Tanah liat bentonite

Semangat Rayakan Masa Terbaik dan Momentum Cantiknya Perempuan Indonesia

Para pakar medis telah menggunakan tanah liat bentonite sejak zaman kuno. Tanah liat bentonite adalah agen detoksifikasi yang sangat efektif untuk mencerahkan wajah. Anda dapat mencampur bubuk tanah liat ini dengan minyak pohon teh dan air mawar.

Tanah liat rhassoul

Tanah liat rhassoul ditemukan secara alami berasal dari endapan di pegunungan Atlas di Maroko. Tanah ini dianggap sangat baik digunakan sebagai ramuan anti-keriput, anti jerawat, menyerap kotoran, noda hitam dan juga sel-sel kulit mati.

Untuk merawat rambut dan kulit kepala, rhassoul digunakan sebagai sampo atau tonik alami, untuk membersihkan, dan menghilangkan lemak dari rambut dan kulit kepala karena mengatur produksi sebum, tanpa merusak kelenjar kulit.

Tanah liat fuller's Earth atau multani mitti

Fuller's Earth atau multani mitti adalah bahan pokok dalam rejimen kesehatan dan kecantikan. Tanah ini sangat efektif dalam mengangkat minyak dan kotoran dari kulit. Tidak hanya itu, tanah liat ini juga memiliki sifat pengeringan sehingga tidak boleh dibiarkan di kulit terlalu lama pada kulit.

Tanah liat kaolin

Tanah kaolin Ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Tanah ini sangat populer karena dapat digunakan pada sabun, pembersih  wajahdan scrub. Tanah ini juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi. Serta
membantu mengelupaskan kulit. Tanah liat kaolin kuning membantu penuaan.

Tanah liat hijau Prancis

Tanah liat ini salah satu bahan tanaman yang terdekomposisi dan oksida besi. Tanah ini memiliki sifat antiseptik dan bisa membersihkan kulit lebih efektif. Dia juga memiliki daya serap dan sangat berguna bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat. Ini juga meminimalkan kemerahan kulit dan bisa dituntut untuk mengobati eksim.

Tanah liat laut mati

Tanah liat laut mati mengandung banyak mineral termasuk magnesium, kalsium, potasium dan sulfat. Tanah ini dulunya merupakan rahasia kecantikan Ratu Mesir Cleopatra.

Tanah liat memiliki kualitas penyembuhan yang tinggi, meningkatkan elastisitas kulit menyembuhkan infeksi dan dikatakan meminimalkan garis dan keriput. Masker ini juga dapat mencegah rambut rontok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya