Lima Buah Ampuh Pengusir Racun Tubuh

Buah apel.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Ragam jenis buah memiliki manfaatnya masing-masing. Namun, terdapat lima jenis buah, yang ternyata memiliki kandungan ajaib, bahkan sangat mujarab untuk menyehatkan tubuh.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Wortel, merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat baik untuk tubuh. Dikenal sebagai buah yang menyehatkan mata, ternyata wortel juga baik untuk mencegah penumpukan racun di tubuh.

"Wortel memiliki sifat diuretik. Artinya, wortel membuat tubuh terus menerus mengeluarkan kotoran di tubuh, dalam bentuk air seni. Jadi, melalui buang air kecil atau pipis, toksin tubuh ikut keluar," ujar ahli gizi, Rita Ramayulis, dalam diskusi Diet REST, Kamis 6 Juli 2017.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Selain itu, buah nanas direkomendasikan untuk memangkas berat badan berlebih. Nanas mengandung zat bernama bromelin. Kandungan tersebut berguna untuk menghancurkan lemak dan mempercepat pembuangan dari lemak tersebut.

Buah ketiga yaitu apel. Buah tersebut memiliki kandungan peptin dan d-glicaric. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

"Tapi, makan apel dengan kulitnya agar manfaat baik ini bisa didapatkan. Agar terhindar dari kulit apel yang ada pestisidanya, bisa dicuci di bawah air mengalir untuk membuang pestisidanya," tutur Rita.

Kemudian, jenis buah jeruk dan lemon, memiliki kandungan sitrat yang bersifat sebagai pembersih khusus di organ pencernaan. Selain itu, buah ini dapat meningkatkan sistem imun serta kandungan limonin yang menghambat zat-zat karsinogenik.

"Terakhir adalah buah tomat. Tapi, tomat harus direbus atau dimasak dulu sebentar agar kandungan likopennya mampu aktif, dan bersifat mencegah kanker".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya