Pilih Mana, Tukang Cukur Tradisional atau Barbershop?

Latihan pangkas rambut di Kampung Cukur, Kota Garut, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Kesadaran para pria untuk menjaga penampilannya adalah hal lumrah. Tak melulu pada perawatan kulit dan busana, namun kini para pria sudah memerhatikan potongan rambutnya.

Bisa Raup Cuan Maksimal Bisnis Barbershop, Begini Kuncinya

Para pria kini telah banyak berinovasi pada gaya potongan rambut terbaru. Untuk itu, kehadiran tukang pangkas rambut tradisional dan barbershop kini mulai menjamur.

Namun tahukah Anda ternyata dari kedua tempat tersebut terdapat perbedaan yang cukup jauh. Misalnya tukang cukur biasa dengan tukang cukur di barbershop atau barberman mereka mungkin sangat memahami apa yang dibutuhkan tapi seorang barberman lebih mengetahui tren apa yang sedang berkembang.

Bikin Penampilanmu Makin Kece, Ini Rekomendasi Barbershop Terfavorit di Jakarta

Seorang barberman dipersiapkan untuk memberikan jasa dengan edukasi mereka yang telah mereka pelajari sewaktu kursus. Pengetahuan itulah yang kemudian mereka kombinasikan menjadi sebuah karya seni berupa potongan rambut yang sangat sesuai dengan bentuk wajah Anda.

"Biasanya seorang barberman paham banget tentang jenis rambut, bentuk wajah dan juga trend rambut yang sedang berkembang. Ini berbeda dengan tukang cukur tradisional yang mencukur sesuai kemampuannya saja yang dipelajari secara otodidak," ujar Ade Ferolan,selaku Ketua Indonesia Barbershop Association (IBA) kepada VIVA.co.id.

Berbagi Keterampilan, Starsbox Training Center Asah Skill Anak Muda Menuju Dunia Kerja

Dia menuturkan bahwa perbedaan lainnya yakni dari alat. Umumnya tukang cukur menggunakan gunting untuk mencukur rambut. Namum ada beberapa hal yang sebenarnya kurang pas, rambut pria akan terasa lebih pas jika dipotong menggunakan clipper dan tentunya hanya tersedia di barbershop.

Selanjutnya service, seperti diketahui pada cukur rambut biasa Anda mungkin akan merasa sebuah tempat yang sederhana tanpa pendingin ruangan. Sedangkan di barbershop Anda akan merasa nyaman dengan suasana dan interior yang modern klasik.

Kemudian bagaimana dengan harga? harga jasa cukur rambut di pangkas tradisional memang terhitung lebih murah ketimbang berbershop. Meski begitu, lagi-lagi hal tersebut kembali lagi pada pilihan Anda.

"Pangkas rambut tradisional biasanya menggunakan alat gunting biasa yang kurang pas digunakan pada rambut pria. Berbeda dengan barbershop yang dimana mereka memiliki alat berkualitas untuk menciptakan suatu tampilan yang segar pada pria dengan produk rambut pendukung, seperti pomade dan beard oil," ucapnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya