Suntik Filler Bisa Akibatkan Kebutaan?

Suntik filler di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Tren kecantikan dengan perawatan suntik filler banyak dipilih wanita. Suntik filler dianggap dapat membuat bentuk wajah terlihat lebih proporsional dan menarik.

Tak Mampu Bayar Suntik Filler, Bibir Seleb TikTok Ini Bengkak Sebelah

Tidak hanya memberikan hasil yang instan, filler juga dinilai sebagai alternatif lain daripada melakukan operasi plastik. Namun, suntik filler yang tidak tepat dikabarkan dapat menyebabkan kebutaan.

Mengenai hal itu, dokter Danu Mahandaru, Sp.BP-RE dari The Clinic Beautylosophy membenarkannya. Menurut dia, suntik filler yang tidak tepat bisa menyebabkan kebutaan. Sayangnya, tak banyak dokter yang mengedukasi pasiennya terkait efek negatif di balik filler.

Waspada Filler Hidung, Bisa Bikin Pembuluh Darah Busuk hingga Kebutaan

"Betul filler itu bisa menyebabkan kebutaan cuma kadang-kadang masyarakat Indonesia hanya mendapatkan hal positifnya saja. Sebagai dokter, yang harusnya diinfokan efek sampingnya dan dampak negatifnya," ujar dia kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Dia menuturkan, kebutaan tersebut terjadi bila cairan yang digunakan yakni hyaluronic acid masuk ke dalam pembuluh darah. Sehingga, kapiler di dalamnya merusak jaringan syaraf, yang akhirnya merusak fungsi penglihatan.

Cantik Instan, Cara dan Bahayanya

Kendati demikian, menurut dia, kasus kebutaan  sangat langka terjadi pada pasien suntik filler. Hanya saja, risiko akan tetap ada karena setiap prosedur kecantikan memiliki efek setelahnya.

Untuk itu, dia menyarankan, sebaiknya pilih tempat filler yang sudah terpercaya dan kredibilitas bagus. Sebab mereka lebih mengetahui anatomi wajah dan teknik injeksi dari berbagai jenis bahan filler.

"Ya, saya katakan bahwa jangan mudah tergiur memilih tempat filler yang murah jika tidak ingin mengalami kebutaan. Meski ini kasus yang langka, namun penyuntikkan yang salah akan menimbulkan risiko-risiko yang tidak diinginkan," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya