Tips dan Trik Merawat Aksesori Supaya Tak Mudah Rusak

Ilustrasi perhiasan
Sumber :
  • Pixabay/Hannah Alkadi

VIVA.co.id – Kebanyakan wanita senang tampil cantik untuk beragam acara, mulai kasual hingga formal. Untuk memberikan tampilan lebih menarik, mereka biasanya menambahkan aksesori lain.

Menggenggam Prestasi, Cerita Sukses Brand yang Meraih Dua Rekor MURI

Aksesori memiliki beragam model dan bahan. Karena itu, diperlukan cara khusus agar aksesori Anda tidak mudah rusak. Salah satu desainer aksesori, Sjully Darsono memberikan tips dan trik dalam merawat aksesori.

"Bagaimana cara kita memperlakukan aksesori itu sendiri, ya hati-hati," kata dia kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Aksesoris Ini Unik, Dijuluki 'Smart Jewelry'

Dia menjelaskan, tidak meletakkan aksesori secara sembarangan. Menurut Sjully, aksesori harus diletakkan dalam wadah khusus aksesori atau laci.

"Kalau beli aksesori suka dapat boksnya, simpan di situ atau taruh di dalam laci-laci kecil," ujarnya.

Hadir di IIMS 2024, Pelek Ini Cuma Ada Satu Unit di Indonesia

Sebelum meletakkan aksesori di wadah, dia menjelaskan, gunakan kertas atau tisu sebagai lapisannya. Tujuannya agar aksesori tidak rusak karena kondisi lembap di dalam laci atau wadah.  

Bila memungkinkan, letakkan juga penyerap kelembapan udara di dalam laci untuk mengurangi kelembapan udara. Sebab, udara yang lembap dapat mengikis kualitas aksesori.

Di sisi lain, dia tidak menganjurkan untuk meletakkan atau menyimpan aksesori di ruangan terbuka karena udara yang lembap bisa menyebabkan aksesori mudah rusak. Misalnya, aksesori yang terbuat dari logam akan lebih mudah karatan jika diletakkan di luar ruangan.

Terpenting, saat aksesori dikenakan, jangan sampai terkena minyak wangi atau keringat. "Karena dapat merusak. Gunakan di luar baju biar tidak rusak," tuturnya.

Khusus untuk aksesori dari bahan perak yang mudah menghitam bila disimpan terlalu lama, solusinya adalah dengan menggunakan pasta gigi untuk membersihkan. Selain pasta gigi, bedak dan lap berbahan flanel juga bisa menjadi alternatif lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya