Mau Lipstik Tahan Lebih Lama, Begini Caranya

Berhias dengan lipstik.
Sumber :
  • Pixabay/Kaboompics

VIVA.co.id – Salah satu produk kecantikan yang paling sering dibawa kalangan wanita adalah lipstik. Lipstik menjadi salah satu kosmetik penting, lantaran hanya dengan memulaskannya bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih segar dan tidak pucat.

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Begini Jawaban UAS

Sayangnya, lipstik kadang tak bisa bertahan lama. Mereka harus kembali memulaskan lipstik setelah beberapa jam, apalagi setelah makan, agar tampilan tetap segar.

Berikut ini, lima cara membuat lipstik Anda bertahan lama, seperti dilansir dari Times of India:

Lipstik Tertua di Dunia Berusia 3.700 Tahun Ditemukan di Iran

Eksfoliasi

Untuk membuat lipstik tahan lebih lama, gunakan eksfoliator lembut untuk menghilangkan kulit kering, atau mengelupas dan lanjutkan dengan melembapkannya dengan menerapkan lip balm. Ini bisa menjadi dasar untuk lipstik dan membantunya bertahan sepanjang hari.

Intip Tren Warna Lipstik 2024, Ini yang Bakal Booming

Pakai lip liner

Pensil bibir memiliki formula yang lebih lembut dan berbeda dengan lipstik dan memiliki daya tahan lebih lama. Dengan menggunakan lip liner, lipstik yang akan melekat sempurna sepanjang hari. Pilih warna pensil bibir yang dekat dengan warna lipstik, atau pilih lip liner warna netral. Mulailah dengan membentuk garis bibir, lalu mengisinya dengan pensil bibir.  

Coba lip primer

Sama seperti wajah, bibir juga membutuhkan make-up dasar. Lip primer digunakan sebelum pensil bibir, lipstik atau lip gloss. Produk ini bisa menciptakan permukaan halus untuk lipstik dan mencegah lipstik belepotan. Foundation juga bisa digunakan, karena memiliki fungsi sebagai primer.   

Blotting

Salah satu rahasia make-up artist adalah blotting, yakni menggunakan tisu untuk mengurangi kelebihan minyak dan mencegah lipstik berantakan. Pertama, Selipkan tisu di antara bibir Anda dan berikan tekanan ringan selama beberapa detik.

Setelah itu, letakkan bubuk atau bedak translucent dengan menggunakan sikat berbulu halus dan lembut. Terakhir, aplikasikan warna lipstik pilihan Anda.

Pilih lipstik tahan lama

Lipstik tahan lama memiliki kandungan pigmen ekstra dan agen pelembap yang lebih rendah sehingga biasanya bertahan lebih lama dibanding produk yang lebih creamy. Untuk mendapatkan lipstik tahan lama, pilih lipstik matte atau waterproof dan hindari lipstik glossy.  

Aplikasikan dengan tepat

Untuk mendapatkan tampilan bibir sempurna, terapkan lipstik menggunakan kuas bibir. Terapkan warna secara hati-hati. Pulaskan kuas bibir dari sudut bibir ke pusat untuk mendapatkan hasil akhir yang baik dan tahan lama.

Jangan sekali pulas

Jangan menerapkan lipstik dengan menekannya berlebihan dan sekali pulas. Anda bisa menerapkannya beberapa kali atau secara berlapis untuk membuatnya lebih awet. Concealar juga bisa digunakan pada permukaan kulit bibir untuk membuat lipstik lebih tahan lama. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya