Penyebab Bibir Mudah Kering dan Pecah-pecah

Bibir wanita
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA.co.id – Hampir setiap orang pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Umumnya, bibir yang kering disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Dokter Bingung Asal Muasal Benda Asing Mirip Paku di Tubuh Stevie Agnecya, Kena Santet?

Beberapa penyebabnya, seperti karena infeksi, kurang vitamin dan terpapar produk kimia yang membahayakan. Sehingga memberikan efek buruk pada kondisi bibir.

Meski pengobatannya tergolong mudah, namun tahukah Anda ternyata bibir memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan transparan. Untuk itu, dalam pengobatannya juga harus hati-hati.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

"Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang lebih tipis dari kulit dan memiliki selaput lendir. Nah, daerah itu mempunyai pelapis yang lebih tipis sehingga mudah mengelupas," ujar ahli kulit, Dr.dr Tjut Nurul Alam Jacoeb Sp.KK kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Dia menuturkan bahwa kelembapan yang kurang juga salah satu pemicu membuat bibir jadi kering dan pecah-pecah. Kurang mengonsumsi air mineral juga menyebabkan kerusakan tidak hanya sistem organ dalam tubuh, namun juga berdampak negatif pada bibir Anda.

Dokter Zaidul Akbar Bagikan Resep Minuman Sehat dan Nyegerin untuk Berbuka Puasa

Sementara kebiasaan buruk seperti menjilati bibir terus menerus dan tanpa sadar pun berpotensi membuat lapisan kulit menjadi lebih tipis dan mengurangi kelembapan alaminya. Itu karena enzim air liur yang terkena udara akan cepat menguap sehingga membuat bibir kembali kering dan mengelupas.

"Jadi banyak orang menganggap bahwa menjilati bibir sendiri dapat membuat bibir lebih lembap dan basah, itu adalah salah," ucap dia.

Buah duku

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Buah duku, dengan nama ilmiah Lansium parasiticum, adalah salah satu buah tropis yang populer di Asia Tenggara. Buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024