Sederet Kebiasaan Sepele Bikin Kulit Jadi Kering

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA.co.id – Kulit kering, merupakan kondisi umum yang sering dialami hampir setiap orang. Itu disebabkan, karena kulit mengalami kekurangan cairan pada lapisan terluar.

Inilah Waktu yang Paling Tepat Pakai Pelembap untuk Atasi Kulit Kering

Ada beberapa bagian tubuh yang rentan mengalami masalah gangguan kering, seperti lengan, tangan, dan kaki.

"Sangat disayangkan bahwa banyak orang menganggap sepele kulit ekstra kering. Meski sudah melakukan berbagai perawatan, kulit kering itu bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan," ujar ahli kulit Dr.dr Tjut Nurul Alam Jacoeb Sp.KK kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Jadi Skincare Viral di Medsos, Ini Alasan Kulit Butuh Kandungan Ceramide

Kulit kering timbul akibat perubahan cuaca yang berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara yang rendah. Semakin rendah kelembapan udara maka kulit makin terasa kering. Tidak hanya itu, gaya hidup dan kebiasaan juga memengaruhi kondisi keindahan kulit, seperti seringnya terpapar AC dalam waktu lama dan kurang minum air putih.

Dia menuturkan bahwa tak hanya itu, kebiasaan menjilat bibir secara berulang-ulang, atau mengupas kulit mati di bibir juga dapat membuat bibir menjadi kering. Mandi dengan menggunakan air panas yang terlalu sering juga dapat membuat minyak alami kulit berkurang.

5 Hal Ini Jadi Penyebab Kulit Kering, Ketahui Cara Mengatasinya

Bahkan, mengenakan handuk langsung setelah mandi membuat kelembapan tubuh jadi hilang. Sementara itu, hal sepele lain yang menyebabkan kulit kering adalah memilih sabun yang salah, pola makan kurang tepat dan menggosok kulit.

"Minyak alami yang ada pada tubuh akan berkurang akibat daya gesek," ucap dia. (asp)

Ilustrasi produk make-up dan skincare.

Efektif Cegah Kulit Kering, Formula Ini Ampuh Beri Kelembapan Maksimal

Bukan hanya jadi pelindung yang kulit kering dan kusam, treatment ini pun mengandung bahan-bahan yang memberi kelembapan maksimal sehingga kulit lebih cerah serta lembut.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024