Kenali Tipe Kulit Wajah dengan Cara Mudah

Ilustrasi wanita bercermin.
Sumber :
  • Pixabay/Claudioscot

VIVA.co.id – Apakah Anda yakin dengan tipe atau jenis kulit Anda, seperti kering, normal, kombinasi atau berminyak? Mungkin Anda berpikir mengetahuinya, tetapi mungkin saja bisa berubah seiring dengan beralihnya masa remaja ke dewasa.

Jangan Asal Pilih! Yuk Sesuaikan Jenis Sabun dengan Tipe Kulitmu

Meski terdengar sepele, sangat penting untuk mengetahui tipe kulit Anda lantaran akan mempengaruhi jenis produk kosmetik atau perawatan kulit yang akan digunakan. Dan berikut ini tiga cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui tipe kulit Anda, seperti dilansir dari Independent, Rabu, 2 Agustus 2017.

Rasakan tekstur kulit

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Kulit Sehat dan Bercahaya

Tekstur kulit dapat mengungkapkan kondisi dan produk yang Anda butuhkan. Jika kulit Anda terasa kencang, itu berarti tipe kulit Anda adalah kering. Sementara kulit berminyak, Anda akan merasakan kulit berminyak dan mengkilap.

Bila kulit kombinasi akan terasa kering di mana-mana, kecuali daerah T seperti dahi, hidung dan dagu. Sedangkan kulit normal akan merasa seimbang, tidak terlalu kering atau terlalu berminyak.

Cara Mudah Ini Ampuh Lawan Komedo, Bisa Diterapkan di Rumah

Periksa pori-pori kulit

Semua orang memiliki pori-pori apapun jenis kulitnya, tetapi ukuran dan seberapa sering tersumbat dapat memberitahu tipe kulit Anda. Biasanya, pori-pori besar yang tersumbat di sekitar hidung merupakan indikator kulit berminyak.

Sementara orang-orang dengan kulit kering akan memiliki pori-pori kecil yang terasa kencang. Pada kulit kombinasi, pori-pori cenderung besar di sekitar hidung dan kecil di daerah lain, sedangkan mereka yang memiliki kulit normal memiliki pori-pori kurang terlihat.

Kebutuhan pelembap

Semua orang perlu menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Namun, seberapa sering Anda perlu menerapkan pelembap bisa mengungkapkan tipe kulit Anda.

Bagi orang dengan kulit berminyak, pelembap tertentu dapat membuat kulit menjadi terasa berminyak. Sementara mereka dengan kulit kering membutuhkan produk pelembap yang lebih banyak terutama setelah membersihkan wajah dan pemakaian di pagi hari.

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, kemungkinan Anda perlu mengoleskan pelembap ke beberapa area wajah tetapi tidak area lain. Sedangkan kulit normal cenderung cukup membuat kulit terhidrasi sepanjang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya