Kulit Kentang Ternyata Ampuh Perlambat Tumbuhnya Uban

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Rambut beruban adalah proses alami yang dimulai setelah Anda mencapai usia 30 tahun. Ini dikarenakan terjadinya penurunan produksi pigmen yang disebut melanin.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Memang saat ini telah tersedia berbagai produk cat rambut yang bisa membantu menyembunyikan uban. Namun, perlu diketahui bahwa cat rambut bisa mengurangi kandungan minyak alami rambut dan membuat rambut jadi kering.

Untuk itu, mengapa tidak mencoba perawatan yang lebih baik dengan bahan-bahan alami? Berikut ini di antaranya, seperti dilansir dari laman Times of India, Minggu, 13 Agustus 2017.

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

Kulit kentang

Kulit kentang mengandung pati yang tinggi, yang dapat membantu memelihara warna rambut Anda dan memperlambat proses terbentuknya uban.

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut: Uban, Stres dan Genetik

Caranya adalah dengan merebus kulit kentang selama 15 menit. Biarkan hingga dingin dan saring. Lalu basuh rambut dengan air rebusan tadi. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Ghee

Mentega yang sering digunakan untuk memasak oleh orang India ini bisa menjaga warna rambut alami sekaligus menutrisinya.

Pijat kulit kelapa dengan ghee. Diamkan selama satu jam dan bilas. Lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Kopi

Kopi akan membantu membuat rambut Anda berwarna hitam legam dan bercahaya. Caranya adalah dengan merebus bubuk kopi dan air. Setelah mengental, diamkan hingga dingin, lalu aplikasikan pada rambut. Tunggu selama 45 menit dan bilas hingga bersih.

Amla

Buah kaya vitamin C ini merupakan bahan utama banyak produk cat rambut. Kandungan melaninnya yang tinggi mampu memperlambat proses tumbuhnya uban.

Yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampurkan bubuk amla dengan minyak kelapa. Panaskan di atas panci, diamkan hingga dingin lalu aplikasikan pada rambut. Setelah 30-40 menit, bilas dengan air dingin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya