Siapkan Miliaran Rupiah Bila Mau Ikut New York Fashion Week

Anniesa Hasibuan di New York Fashion Week beberapa waktu silam.
Sumber :
  • instagram.com/anniesahasibuan

VIVA.co.id – Setelah desainer Anniesa Hasibuan tampil di New York Fashion Week (NYFW) pada tahun lalu dan awal tahun ini, giliran enam desainer Indonesia siap melenggang di panggung mode prestisius itu pada 7 September 2017 mendatang. Keenam desainer Tanah Air tersebut, yakni Dian Pelangi, Barli Asmara, Catherine Njoo, Melia Wijaya, Vivi Zubedi, Doris Dorothea.

Batik Merak Ngibing Jawa Barat, Sukses Bikin Dunia Tercengang

Keenam desainer tersebut dipilih oleh International Management Group (IMG), selaku penyelenggara New York Fashion Week. Para model yang melenggang di NYFW First Stage akan didandani oleh kosmetik lokal Wardah Beauty.

Menurut CEO Indonesia Fashion Gallery (IFG), Teti Nurhayati, keenam desainer terpilih karena memiliki selera fesyen apik, orisinal dan memiliki prestasi cukup membanggakan. Dengan mengangkat tema Indonesia Diversity, para desainer akan menampilkan koleksinya dalam pembukaan NYFW 2018 di The Dream Down Town.

Foto-foto Koleksi Brand Lokal Erigo di Panggung New York Fashion Week

Namun untuk berlaga di gelaran prestisius tersebut, ternyata semua desainer harus mengeluarkan biaya tak murah. Bahkan, semakin mewah pertunjukkan yang ditampilkan, semakin besar biaya yang digelontorkan.

Dikutip dari Business Insider, biaya yang dikeluarkan untuk tampil di NYFW bisa mencapai miliaran rupiah. Biaya minimal yang dikeluarkan mulai Rp2,6 miliar hingga mencapai Rp6 miliar untuk pertunjukkan tunggal. Namun itu adalah perkiraan tahun 2013, sehingga biaya yang dikeluarkan tahun ini akan jauh lebih besar.

Sandiaga Uno Lepas Keberangkatan Brand Lokal ke New York Fashion Week

Rincian Biaya

Biaya tersebut untuk tempat, make-up dan rambut, model, penata gaya, Humas, pencahayaan dan undangan. Biaya untuk tampil di Lincoln Center yang merupakan rumah resmi NYFW sekitar Rp200 juta untuk ruang kecil, sedangkan ruang besar senilai Rp667,5 juta.

Walau mahal, namun ini merupakan tempat yang terjangkau lantaran pencahayaan hingga tempat duduk sudah termasuk biaya tersebut. Sementara tempat dengan biaya mahal adalah New York Public Library dengan sewa mulai Rp667,5 juta.

Untuk biaya penata rambut dan make-up mulai Rp66,75 juta hingga Rp1,3 miliar per acara. Namun bagi yang mendapat sponsor dari perusahaan kosmetik, maka desainer tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Sedangkan biaya menggunakan beberapa model ternama bisa mencapai Rp2,67 miliar. Namun bila menggunakan relawan atau membayarnya dengan koleksi milik desainer maka tak perlu anggaran khusus. Untuk penata gaya, biayanya sekitar Rp66,75 juta hingga Rp267 juta.

Adapun biaya Humas sekitar Rp133,5 juta hingga Rp267 juta dan pencahayaan sekitar Rp133,5 juta atau lebih. Sementara biaya untuk undangan sekitar Rp66,75.

Nilai tersebut akan membengkak bila desainer ingin menghadirkan selebriti ternama duduk di barisan depan atau tengah fashion show-nya. Fashionista merilis, Beyonce pada tahun 2010, mendapat bayaran mencapai Rp1,33 miliar untuk duduk di barisan depan sebuah acara fashion show.

Sementara Rihanna dibayar sekitar Rp1,3 miliar untuk menghadiri pertunjukkan Karl Lagerfeld pada tahun 2012 di Paris, Prancis. Sedangkan Blake Lively dan Kim Kardashian dibayar sekitar Rp667,5 juta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya