Aktris Berwajah Cantik Proporsional Menurut Pakar Dermatolog

Lola Amaria
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus

VIVA.co.id – Setiap wanita dilahirkan dengan rupa yang berbeda-beda. Di berbagai belahan dunia, kecantikan setiap wanita memiliki klasifikasi khusus.

Habib Bahar Ngaku Pernah Dilamar Artis Cantik: Dia Datangi Istri Saya Minta Izin

Seperti halnya di benua Amerika, versi cantik wanita adalah yang memiliki fitur wajah dengan golden ratio. Pemetaan wajah tersebut menggunakan rasio Phi kecantikan Yunani kuno untuk menentukan apa yang membuat seseorang memiliki wajah cantik dengan menggunakan 12 tanda dimulai dari mata, alis, hidung, bibir, dagu, dan area T.

Salah satu artis Hollywood yang mendekati kecantikan sempurna menurut rasio itu adalah Amber Heard. Titik kunci wajah ini dapat menjadi sebuah terobosan baru untuk mengenali wajah wanita tercantik di dunia.

10 Wanita Muslim Tercantik di Dunia, Mereka Menarik dan Menginsipirasi

Namun ini berbeda dengan klasifikasi kecantikan wanita Indonesia. Pakar dermatolog, dr Adri Dwi  Prasetyo, Sp.KK mengatakan bahwa cantik versi wanita Indonesia adalah yang memenuhi kaidah universal.

"Cantik versi wanita Indonesia adalah mereka yang memiliki bentuk yang memenuhi kaidah universal. Kaidah itu seperti bentuk wajah yang sempurna tak harus (hidung) mancung atau wajah tirus," katanya kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Terungkap, Sosok Wanita Cantik yang Temani Saipul Jamil Saat Konferensi Pers

Selain itu, yang mengedepankan etnisitas di daerah tersebut. Cantik versi wanita Indonesia, menurut kaidah itu adalah Lola Amaria karena memiliki etnisitas yang menonjol.

 

Whatever it happens.... keep smiling and be grateful ????

A post shared by Lola Amaria (@lola.amaria) on

Sedangkan versi universalnya wanita Indonesia adalah Nadya Hutagalung, di mana dia memiliki  fitur campuran wajah Asia dan Eropa. Dengan demikian, apa yang menurut Anda terlihat cantik belum tentu cantik sesuai perhitungan golden ratio.

"Nadya Hutagalung dan Lola Amaria adalah dua selebriti yang sama-sama cantik. Nadya Hutagalung menurut sebagian besar orang memang lebih cantik, tapi dia ada fitur campuran wajah Asia. Sedangkan Lola Amaria juga cantik tapi karena ada etnisitas yang menonjol," tuturnya.

Jadi, menurut dia, definisi wajah yang proporsional untuk wanita Indonesia adalah memenuhi kaidah universal tentang kecantikan yang bisa menonjolkan etnisitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya