Katun dengan Karateristik Ini Ternyata Diminati Desainer

Fashion show dengan menampilkan pakaian dari katun AS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Perkembangan industri garmen dan tekstil menuntut banyak pegiat usaha meningkatkan kualitas produknya. Sebab hal ini berlangsung pada hasil akhir dan umur produk yang diciptakan.

Ivan Gunawan Ungkap Kris Dayanti Jadi Role Modelnya Selama Ini

Ini pula yang paling banyak dilakukan para desainer saat memilih bahan untuk membuat suatu karya. Seperti halnya dalam memilih katun, ada beberapa karakteristik katun yang menjadi pilihan para desianer dan pegiat fesyen.

Bruce Atherley selaku Direktur Eksekutif Cotton Council International (CCI) mengatakan bahwa katun yang baik harus menawarkan serat yang seragam dan konsisten. Ini dapat memberi kepastian pada produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi.

Ditegur KPI, Ivan Gunawan Ngaku Gak Punya Temen: Kemaren di Demo Semua Pada Diem

"Saya katakan bahwa ada ragam karakteristik katun yang diminati para desainer dan pegiat fesyen, di antaranya katun yang menawarkan serat seragam dan konsisten," ujar Bruce kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Dia menuturkan bahwa katun yang baik haruslah terbebas dari kontaminasi dan kapas dipetik langsung oleh mesin. Untuk itu, penggunaan teknologi yang dikendalikan oleh komputer berhasil mengurangi pengunaan air dan produk pelindung tanaman.

7 Sumber Kekayaan Ivan Gunawan yang Mundur dari Acara TV dan Pamit ke Luar Negeri

Sedangkan katun yang baik harus mengandung hypoallergenic dan tidak mengiritasi kulit atau menyebabkan alergi sensitif. Untuk alasan ini, barang-barang yang sering dan dekat dipakai adalah kaus dan celana yang terbuat dari katun.

Sementara para desainer juga banyak memilih katun yang memiliki elastisitas tinggi. Sebab, katun tersebut tidak akan rentan terhadap penyusutan saat dicuci.

"Banyak pula yang memilih katun yang memiliki daya elastisitas tinggi. Ini sangat membantu mengembalikan bentuknya ketika dicuci," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya