Yuk Kunjungi Pameran Crafina 2017

Crafina 2017
Sumber :

VIVA.co.id – Industri kreatif Indonesia mengalami kemajuan yang sangat signifikan, sehingga menjadi salah satu pemasok devisa terbesar bagi perekonomian nasional. Industri ini cukup menarik minat banyak pelaku ekonomi untuk mulai menjajaki prospeknya. Indonesia, sebagai negara yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia berkecukupan dan dengan pasar yang cukup menjanjikan baik di dalam maupun di luar negeri, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku kreatif untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi produknya.

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia

Tentunya dengan dukungan pemerintah daerah dibantu dengan pemerintah pusat, melalui program dan kebijakan-kebijakan ekonomi kreatifnya, terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk Indonesia, khususnya produk kerajinan.

Pameran Crafina kini kembali diselenggarakan untuk ke-10 kalinya di Jakarta. Pameran Crafina memamerkan produk kerajinan unggulan berbasis bahan baku yang cukup tersedia dan dihasilkan oleh para produsen dan perajin dari seluruh Indonesia.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Pameran yang diinisiasi oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bersama Mediatama Binakreasi ini akan memanjakan para stakeholder industri kerajinan Indonesia dengan showcase produk-produk unggulan sebagai trend setter kerajinan nusantara, dengan tema ‘From Natural Resources to Creative Product for Lifestyle’, pameran ini akan menampilkan berbagai produk kerajinan terbaik persembahan anak negeri, diantaranya produk fashion unggulan meliputi Batik, tenun, Songket, serta produk kerajinan tangan lainnya seperti aksesoris, perhiasan, perlengkapan dekorasi ruangan dan lainnya.

Pemanfaatan dan penggunaan produk kerajinan saat ini sudah menjadi tren lifestyle negara-negara berkembang di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Untuk tahun ini, Crafina akan diselenggarakan pada tanggal 11-15 Oktober 2017 di JCC, Senayan.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Lebih dari 400 perusahaan kerajinan Indonesia yang menempati 380 stand di Main Lobby, Plenary Hall dan Assambly Hall. Dengan jumlah peserta tersebut menunjukan bahwa UKM kerajinan Indonesia telah mampu berkembang dan mandiri serta mampu bersaing dengan negara-negara lain. Selama pameran ini ditargetkan transaksi ritel dan kontak dagang Crafina tahun ini mencapai Rp19 miliar rupiah, dan jumlah pengunjung mencapai 35.000 pengunjung.

Para pengunjung dan pembeli dari dalam dan luar negeri diharapkan dapat menemukan produk-produk kerajinan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, tanpa melupakan aspek kelestarian lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan.

Oleh sebab itu, melalui Crafina 2017 diharapkan agar pelaku industri kerajinan terus mengembangkan ide, kreasi, dan inovasi baru sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang eksklusif dan memiliki nilai jual tinggi di pasar Internasional agar nantinya industri kerajinan dapat dijadikan sebagai penopang ekonomi rakyat yang senantiasa akan terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang.

Penyelenggaraan pameran Crafina tahun ini akan dimeriahkan oleh berbagai acara menarik seperti talkshow Design Interior dan Trend Fashion 2018, workshop, hiburan musik akustik dari Beilys Acoustic (12 Oktober 2017), Yeshua Abraham (13 Oktober 2017), serta penampilan dari Minangkabau Fashion Heritage (14 & 15 Oktober 2017).

Dikarenakan kondisi renovasi kawasan Gelora Bung Karno (GBK), maka pada saat ini terdapat 3 (tiga) pintu akses menuju JCC, yaitu :
1. Pintu 5-Jl. Jend. Sudirman (terletak di dekat Hotel Sultan)
2. Pintu 6A-Jl. Jend. Gatot Subroto (terletak dekat Halte Transjakarta ‘Senayan JCC’)
3. Pintu 6B-Jl. Gerbang Pemuda (terletak di samping fly over Taman Ria)
JCC juga menyediakan lahan parkir tambahan yang berada di Sudirman Executive Club (masuk dari Jl. Gatot Subroto) dan di Hotel Sultan (masuk dari Pintu Lagoon Hotel Sultan, Jl. Jend. Sudirman).

Untuk menambah kenyamanan pengunjung menuju JCC, terdapat juga shuttle keberangkatan dari Mall Senayan City, informasi jadwal dan selengkapnya dapat mengunjungi website dan sosial media official Crafina 2017 di www.crafina.com . (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya