Kebiasaan Sepele yang Tanpa Disadari Bikin Kulit Kusam

Ilustrasi patah hati.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kulit sehat dan bercahaya merupakan dambaan setiap wanita. Namun terkadang ada saja masalah yang ditimbulkan seperti kulit kusam.

Tips Kulit Glowing dan Cara Mengatasi Kulit Kusam pada Wajah

Kulit kusam menjadi salah satu faktor menurunnya rasa percaya diri terhadap penampilan. Namun tahukah Anda, ternyata penyebab dari kulit kusam adalah dari kebiasaan sehari-hari.

Ahli estetika, dr. Muliawati dari Excellent Aesthetics mengatakan, ada dari kebiasaan yang tak disadari sehingga menimbulkan kulit kusam. Mereka yang sering keluar rumah tanpa adanya perlindungan tabir surya sangat berpotensi mengalami kulit kusam.

Masalah Kulit Ini Kerap Muncul Setelah Nonton Festival Musik

Selain itu, faktor hormonal yang umumnya dialami oleh mereka yang mengonsumsi pil kontrasepsi serta pemakaian perawatan produk dengan tambahan zat-zat kimia yang memberi efek kulit kusam setelah berhenti pemakaian.

“Sebenarnya tanpa disadari kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan itu sangatlah mudah menyebabkan kulit kusam. Contohnya saat keluar rumah dia lupa memakai sunblock dan bila hal tersebut terus diabaikan tentunya wajah tidak akan cerah,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Kulit Cerah Bak Artis Drakor Pakai Pinus Hingga Bunga Camellia

Dia menuturkan bahwa mereka yang membiarkan sel kulit mati menumpuk pun dapat menciptakan kulit kusam. Untuk itu, dia menyarankan untuk melakukan exfoliating atau peeling sebulan sekali agar sel kulit mati terangkat.

Dan layaknya tubuh, kulit juga bisa mengalami dehidrasi bila kurang asupan pelembap. Untuk itu, rutin gunakan pelembap karena kulit yang kering akan terlihat kusam.

Kulit kusam juga bisa muncul akibat banyak pikiran atau mengalami stres. Hal ini karena meningkatnya kortisol dan aliran darah terpusat pada sejumlah organ vital di tubuh sehingga menyebabkan darah kurang mengalir pada wajah dan membuatnya tampak kusam.

“Jangan salah, stres pun bisa menyebabkan kulit kusam,” ujar dr. Muliawati. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya