Pria, Ternyata Pakai Pomade Bisa Bikin Ketombean

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Pixabay/CC0 Public Domain

VIVA – Menata rambut dengan berbagai produk, seringkali dilakukan kaum pria untuk mendapatkan tampilan yang keren. Meski begitu, banyak pria yang tidak memahami bagaimana menjaga kesehatan rambutnya.

7 Dampak Keramas Setiap Hari, Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Rambut

Padahal, berbagai produk penata rambut yang dipakai bisa memicu masalah kesehatan rambut, salah satunya tumpukan ketombe.

"Produk seperti pomade yang untuk menata rambut, kalau dibiarkan seharian tidak dibersihkan, bisa ngendap dan menjadi awal mula tumbuhnya ketombe," ujar Barber Hair Artist Travers Barbershop, Rico, dikutip dari rilis yang diterima VIVA, Minggu, 5 November 2017.

5 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya, Rawat Rambut dan Jangan Garuk Kepala

Rico menjelaskan, kaum pria harus mampu menjaga kesehatan rambutnya di samping menata rambut saja. Menurutnya, membilas rambut seusai pemakaian berbagai produk penataan rambut adalah sebuah keharusan.

"Harus dicuci tiap hari seusai seharian pakai pomade. Dibilas aja pokoknya pakai air, dibersihkan hingga bersih dan seluruh produknya luntur semua dari rambut," ucap Rico.

Waspada, 5 Tanda Peringatan Kanker Ini Sering Disalahartikan Sebagai Ketombe

Dikatakannya, membilas rambut bisa dilakukan tanpa menggunakan sampo. Rico menerangkan, proses membilas rambut dilakukan hanya untuk bertujuan meluruhkan seluruh produk rambut yang menempel.

"Enggak perlu pakai sampo, cukup dibilas aja pakai air bersih. Karena bahayanya kalau dibiarkan terlalu lama menempel di rambut, bisa memicu kerontokan dan kebotakan," tuturnya. (one)

Ilustrasi ketombe

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Ketombe menjadi salah satu masalah di kulit kepala yang dirasakan banyak orang. Ketombe sendiri muncul disebabkan oleh beberapa hal seperti iritasi dan ada karena jamur.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024