Perdana, Sumenep Bikin Festival Kostum Unik

Busana unik dari serabut kelapa
Sumber :
  • VIVA/Veros Afif

VIVA – Tak kalah dengan Banyuwangi dan Jember, tren kostum unik pun terlahir dari kota di ujung timur pulau Madura, yakni Kabupaten Sumenep. Festival kostum ini menarik perhatian warga.

Viral Guru Asal Indonesia Pakai Baju Tak Biasa di AS, Berujung Hal Ini

Kostum unik tersebut berbahan dasar dari daun kelapa atau janur, daun siwalan dan serabut kelapa. Tak ketinggalan hiasan batik tulis khas Sumenep hingga pusaka keris Sumenep juga menghiasi busana para peserta.

Acara parade kostum ini diselenggarakan oleh Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS). Ada 40 peserta dari berbagai elemen masyarakat yang mengikuti acara ini.

Cak Imin: Saatnya Perubahan, Kekuatan Langit Sudah Nyata

Acara yang dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menjadi tontonan baru yang menghibur warga Sumenep. Sementara para peserta berjalan kaki dengan start dari depan Masjid Agung Sumenep melintasi jalanan kota Sumenep dan berakhir di simpang empat Kampung Baru. Rata-rata para peserta adalah siswa-siswi dari berbagai tingkatan sekolah, serta para mahasiswa di Sumenep.

Parade busana unik di Sumenep, Madura

Saat Anies Kampanye Minta Dukungan dengan Bahasa Madura: Pele Nomer Settong

Achmad Fauzi mengatakan tak menyangka festival kostum unik ini akan spektakuler, karena antusiasme warga Sumenep sangat tinggi dalam pagelaran budaya tersebut. Dan mengingat ada 40 peserta yang mengikuti acara ini,  pihaknya pada tahun depan akan kembali menggandeng Komunitas Jurnalis Sumenep untuk menggelar acara serupa namun ke level yang lebih tinggi.

"Event busana unik ini baru pertama kali digelar, ternyata antusiasme peserta sangat tinggi serta masyarakat Sumenep merasa sangat terhibur, sehingga nantinya pemerintah akan menggandeng Komunitas Jurnalis Sumenep untuk menggelar acara serupa, namun dengan level yang lebih tinggi," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Jurnalis Sumenep, Abdul Rahem mengatakan bahwa acara ini digelar sebagai kontribusi para jurnalis Sumenep untuk mendukung Pemerintah Daerah Sumenep, dengan programnya Visit Sumenep 2018.

Selain itu, pihaknya juga sangat mengapresiasi para peserta yang ikut serta. Pihaknya tidak menduga acara ini mendapat apresiasi yang baik dari warga Sumenep, di mana mereka terlihat asyik menikmati keunikan dan keindahan kostum yang dikenakan para peserta.

Laporan Veros Afif

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya