Desainer Indonesia Paling Bikin Heboh Selama 2017

Desainer Aksesori, Rinaldy Yunardi dan karyanya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Desainer membantu dalam menciptakan tren busana setiap tahunnya. Nama besar mereka kerap dijadikan alasan bagi pencinta fesyen untuk mengoleksi karyanya.

INFOGRAFIK: Kaleidoskop Peristiwa Besar Sepanjang 2023

Dan berkembangnya industri fesyen di Indonesia dan dunia mendorong munculnya sejumlah desainer baru. Beberapa nama yang sudah dikenal, ada yang sudah lama berkecimpung di industri desain busana, namun ada juga yang baru.

Mereka menjadi terkenal karena karya dan prestasi. Dan sepanjang tahun ini, berikut ini lima nama desainer Indonesia yang paling heboh dan mencuri perhatian publik, tapi tak hanya karena prestasi, melainkan juga kasus yang menimpanya.

Kaleidoskop 2023: Pecah, Bentrok Warga dan Aparat di Pulau Rempang

1. Anniesa Hasibuan

Anniesa Hasibuan

Kaleidoskop 2023: Harga Bahan Pokok Melejit Bikin Daya Beli Rakyat Terjepit

Popularitas desainer busana muslim berusia 31 tahun ini meningkat tajam setelah berhasil mencetak sejarah dengan membawa koleksi busana muslim lengkap dengan hijabnya dalam ajang New York Fashion Week (NYFW) pada September 2016. Tahun lalu, dia masih menjadi desainer yang membanggakan Indonesia hingga awal tahun ini ketika kembali tampil di NYFW pada Februari 2017, dengan membawa koleksi bertema Drama.

Namun kebanggaan rakyat Indonesia tak berlangsung lama. Kasus penipuan biro perjalanan haji dan umrah PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel miliknya, yang terungkap pada Agustus 2017 lalu, mengubur prestasi, karier dan nama baiknya. Kini, Anniesa bersama suami dan saudarinya yang telah menipu puluhan ribu calon jemaah itu, tinggal di hotel prodeo alias penjara.

2. Dian Pelangi

Jika tahun lalu Anniesa Hasibuan menjadi satu-satunya desainer Indonesia yang unjuk gigi di New York Fashion Week, tahun ini, Dian Pelangi ditemani lima desainer lain pamer koleksi di gelaran mode prestisius tersebut. Kelima desainer lainnya, yakni Barli Asmara, Catherine Njoo, Doris Dorothea, Melia Wijaya, dan Vivi Zubedi.

Selain di NYFW, desainer berusia 26 tahun itu juga tampil di panggung Paris Fashion Week pada Oktober 2017 lalu. Dengan membawa koleksi bertema Dear Paris, karyanya mendapat apresiasi luar biasa dari publik kota mode itu.

3. Rinaldy Yunardi

Desainer aksesori Indonesia ini mencuri perhatian karena karya-karya unik dan spektakulernya kerap digunakan oleh selebriti dunia. Beberapa nama tersebut, di antaranya Taylor Swift, Gal Gadot, Mariah Carey, Kylie Jenner dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, kreativitasnya yang tanpa batas membuat desainer dengan panggilan Yuyung ini berhasil memborong penghargaan di kompetisi desain kelas dunia. Yuyung membawa pulang tiga penghargaan dalam gelaran World of WearableArt (WOW) Awards 2017.

Dia berhasil meraih penghargaan tertinggi Supreme WOW Awards 2017 melalui karyanya Encapsulate dan Cosmos serta memenangkan kategori Avant Garde Section dan Open Section pada akhir September lalu. Dalam kompetisi itu, dia berhasil menyingkirkan 121 desainer dari 13 negara.

4. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan alias Igun sempat bikin heboh pada April lalu karena gaun pengantin rancangannya menjadi pembicaraan media sosial. Bahkan gaun pengantin yang dikenakan Intan Azzahra dan Zendhy Zaen dengan tema Cinderella itu dipuji Daily Mail sebagai gaun pengantin yang sangat digemari di Instagram.

Tak hanya itu, baru-baru itu, gaun rancangan Igun yang dikenakan wakil Indonesia di kompetisi kecantikan Miss International 2017, Kevin Lilliana berhasil membuat Putri Indonesia Lingkungan itu menang dalam kategori Miss Best Dresser. Igun mengaku terinspirasi oleh keindahan bahari di seluruh Nusantara saat mendesain gaun bertema Thallasa: Mother of Sea.

5. Rafi Ridwan

Usianya baru 15 tahun, namun namanya sudah mendunia. Tahun ini, desainer tunarungu tersebut kembali mengharumkan Indonesia. Dia mendapat kesempatan menampilkan karya-karyanya di Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017 di kota El Paso, Texas, Amerika Serikat pada Oktober lalu.

Keikutsertaan Rafi dalam ajang tersebut merupakan undangan dari pihak Bazaar Model yang didasari oleh pemantauan bakat dan seleksi tertutup dari pihak penyelenggara, tanpa jalur pendaftaran atau seleksi. Rafi menjadi satu-satunya perancang busana yang mewakili Indonesia sekaligus desainer termuda di ajang bergengsi tersebut.

Rafi unjuk gigi dengan koleksi rancangan eksklusifnya yang dibuat dari bahan dasar kain tenun asal Desa Bena, Flores, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Dari sejumlah desainer di ajang itu, hanya Rafi yang dipilih untuk wawancara eksklusif di studio NBC News Texas di acara talkshow El Paso Today bersama dengan CEO Bazaar Model, Jacqueline Garcia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya