Surga Produk Kerajinan Kulit Murah Meriah, di Sini Tempatnya

Tas kulit di Sidoarjo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Kota Sidoarjo, Jawa Timur ternyata tidak hanya terkenal oleh sambal petisnya saja, kota yang jaraknya sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Surabaya itu ternyata terkenal dengan produk kerajiann kulit.  

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

Terdapat beberapa showroom dan usaha kecil menengah (UKM) produk kulit seperti tas, jaket, dompet hingga ikat pinggang. Jangan khawatir dengan kualitasnya, karena kulit di sini asli dan dibuat langsung oleh pengrajin kulit.

Seperti salah satu konveksi kerajinan kulit Permata, yang terletak di Desa Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo. Kepala produksi konveksi Permata, Chairul Anam mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 100 orang pengrajin kulit yang bekerja di konveksi ini.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

"Semuanya terbagi-bagi sesuai dengan keahlian masing-masing. Sebanyak 15 orang sebagai pengrajin dompet, 45 sampai 50 pengrajin tas, dan tiga orang pengrajin ikat pingang. Hampir seluruh pengrajin yang bekerja di sini adalah warga sekitar," ucapnya, Sabtu, 20 Januari 2018.

Tas kulit di Sidoarjo

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

Chairul menjelaskan, dari seluruh produk yang dibuat, yang paling diminati adalah tas dan dompet kulit. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dibanding di toko. apalagi jika Anda membeli dalam jumlah banyak.

"Produk yang dijual di sini, lebih murah dibandingkan dengan membeli di toko. Kami memberikan potongan sekitar 10 sampai 15 persen dan jika membeli dengan jumlah banyak akan lebih murah lagi. Seperti tas kulit yang dijual di toko seharga Rp400 ribu, di sini seharga Rp300 ribu," tutur.

Konveksi produk kulit Permata di Sidoarjo

Soal kulit yang digunakan pun berkualitas, yakni kulit sapi atau domba asli, yang dikirim langsung dari Magetan dan Malang. Itulah yang membuat produk kulit dari Sidoarjo ini disukai bukan hanya di pasar lokal tapi juga global.

"Yang paling banyak memesan di Indonesia itu wilayah Padang, Kalimantan, dan Papua. Untuk Papua, biasanya membeli dalam jumlah banyak dan dijual lagi di sana. Dan untuk internasional, pemesan terbanyak oleh Malaysia," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya