Sama-sama Baju Jepang, Sudah Tahu Beda Kimono dengan Yukata?

Gadis Jepang dengan kimono
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ketika mengunjungi Jepang tak sedikit Anda menemui wanita Jepang mengenakan baju tradisional Jepang baik kimono maupun yukata. Namun tahukah Anda dua jenis pakaian tradisional Jepang tersebut ternyata sangat berbeda. Baik dari segi bahan hingga cara penggunaannya.

Usai Larang Gamis, Pemerintah Prancis Juga Larang Penggunaan Kimono di Sekolah

"Sama (baju tradisional Jepang) tapi berbeda sekali antara yukata dan kimono. Kalau kimono ada nagajubang (dalamannya) sedangkan Yukata enggak. Selain itu Obinya (sabuk) beda," ungkap Chief Editor Japon Magazine, Michiko Kannae saat ditemui VIVA pada kegiatan Japan Japon Fair 2018 di Citywalk Sudirman Jakarta, Senin, 22 Januari 2018.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa perbedaan keduanya juga terdapat pada bahannya, serta waktu penggunaan keduanya. Jika yukata terbuat dari bahan katun dan digunakan pada saat musim panas. Sedangkan untuk kimono terbuat dari sutra dan umum digunakan saat musim dingin.

Mengenal Oiran, Pekerja Seks Berpangkat Tinggi di Jepang dan Perbedaannya dengan Geisha

"Musim dingin pakai kimono cukup hangat dan bisa ditambahkan syal di atasnya. Untuk penggunaannya, kimono umumnya pada acara-acara formal seperti pernikahan hingga acara undangan," jelasnya.

Selain itu, kimono pun ada jenisnya, salah satunya furisode. Ketika menggunakan furisode pun, kata Michiko berbeda. Jika seorang wanita lajang diperbolehkan menggunakan furisode dengan lengan panjang menggelember di bagian ketiaknya sedangkan wanita yang sudah menikah menggunakan furisode yang berlengan pendek.

5 Fakta Miss Universe Jepang 2021, Pakai Kimono Orang 'Mati'

"Karena lengan panjang itu kan bisa melambai-lambai kainnya itu artinya seperti merayu laki-laki dan itu nggak boleh digunakan oleh wanita yang sudah beristri," bebernya.

Di sisi lain, sebelum menggunakan kimono, kata dia mereka harus menggantung di hanggar khusus, 3 hari sebelum dipakai.

"Karena dilipat supaya enggak ada lipatan ada hanggar khusus. Selain itu motif kimono ada artinya berbeda-beda. Motif burung tsuru di Jepang, menikah enggak pisah, langgeng dan panjang umur 1000 tahun," kata Michiko.

Di sisi lain untuk yukata sendiri umumnya digunakan saat acara dan festival sepanjang musim panas. Dan bahkan sering digunakan ketika selesai mandi atau saat tidur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya