14 Cara Jitu dan Murah Basmi Tikus di Rumah

Tikus
Sumber :
  • Pixabay/ Bergadder

VIVA – Tikus adalah makhluk menjengkelkan yang bisa mengganggu. Apalagi jika sampai mengusik Anda dan memporak-porandakan isi rumah.

Terbukti Ampuh, 10 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Tikus biasanya senang bersarang di lingkungan yang lembap, banyak air dan banyak makanan. Jika rumah Anda merupakan rumah yang memiliki tiga sumber kehidupan untuk tikus, waspadalah.

Tikus sangat mudah tertarik pada sampah, makanan hewan, tempat sampah kompos, kotoran makanan atau buah-buahan dan tanaman merambat. Dan bahayanya, tikus membawa lebih dari 20 penyakit. Meskipun rumah terlihat bersih, tikus tetap bisa bersarang. Mereka punya target tempat tinggal favorit, mulai dari loteng, selokan, karung, basement, jaringan pipa, lemari dapur, dan lahan di dekat pohon, semak-semak, hingga gudang.

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Jika tikus mulai membuat kehidupan Anda tak nyaman, rumah menjadi bau hingga berantakan, ada solusi mudah dan cepat mengusir tikus dari dalam rumah Anda. Berikut tips nya dilansir laman Home Remedy Hacks:
 
1. Kapur barus

Kapur barus atau kamper, ternyata bisa membantu mengusir tikus. Kapur barus mudah didapat di pasaran. Tempatkan kapur barus mulai dari loteng hingga tempat-tempat favorit tikus tinggal lainnya.

Coba Ganti Suasana Rumah Biar Gak Bosan Selama Pandemi

Namun ingat, hindari menempatkan kapur barus ini di dalam rumah karena baunya berbahaya bagi manusia. Berhati-hatilah agar Anda tidak menyentuhnya dengan tangan tanpa pelindung.

2. Amonia

Campur dua sendok deterjen, seperempat gelas air dan dua gelas amonia biasa dalam mangkuk. Tempatkan di tempat tikus sering muncul. Karena tikus tidak tahan dengan bau amonia. Obat ini, dijamin ampuh membuat tikus menjauh dari rumah Anda.

3. Minyak Peppermint

Minyak peppermint bisa digunakan untuk mencegah kedatangan hewan pengerat. Ya, tikus tidak tahan dengan bau yang menyengat. Yang harus Anda lakukan adalah mencelupkan beberapa bola kapas ke dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah rawan tikus. Pasti akan memberikan hasil yang memuaskan.

Sebagai alternatif, minyak serai dan minyak jarak juga bisa digunakan. Atau, tanam pohon mint di sekitar batas rumah Anda.

4. Bulu burung hantu

Tak banyak yang tahu, ternyata bulu burung hantu bisa menakut-nakuti tikus dan memaksa mereka melarikan diri. Cobalah menempatkan beberapa bulu burung hantu di dalam lubang sarang tikus.

Sebagai alternatif, jika Anda tidak dapat menemukannya, simpan beberapa mainan ular plastik di kebun Anda untuk menyingkirkan tikus yang sering berkeliaran di halaman.

5. Lada

Bau merica yang menyengat membuatnya sulit bagi tikus untuk bernafas dan mengancam kelangsungan hidupnya. Cukup taburi bubuk lada di sekitar sudut dan lubang tempat mereka berada. Anda akan melihat hasil positif. Ulangi prosesnya jika perlu.

6. Daun salam

Tikus menganggap daun salam sebagai makanannya dan cenderung memakannya. Tapi, itu benar-benar bisa membunuh mereka. Taruh beberapa daun salam di daerah rawan tikus. Terus ulangi prosesnya sampai semuanya hilang.

7. Bawang

Ini adalah obat yang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang paling dibenci untuk hewan pengerat ini. Hanya iris bawang merah dan simpan di dalam atau di dekat lubang sarangnya.

8. Buat perangkap

Membuat perangkap adalah salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan tikus dengan cepat. Anda bisa mengambil jebakan dan memasukkan umpan ke dalamnya untuk menarik perhatian tikus. Selai kacang dan keju adalah makanan favorit tikus. Jika melihatnya, tikus akan tertarik untuk memakannya dan dia akan terjebak dalam perangkap. Setelah tertangkap, Anda bisa membuangnya ke tempat yang sangat jauh dari rumah sehingga tidak pernah kembali. Anda juga bisa menambahkan asam borat ke dalam selai kacang agar lebih efektif. Dan jangan lupa, pakailah sarung tangan karet saat menggunakan obat ini.

9. Sampah kering dan mainan ular

Beli sampah kering dari toko hewan peliharaan atau kebun binatang dan jaga agar tetap berada di dekat tempat tikus sering berkunjung. Bisa juga menggunakan ular mainan. Tikus tidak akan datang lagi karena ketakutan dengan ular.

10. Rambut Manusia

Mungkin kedengarannya aneh, tapi tikus tidak suka rambut manusia. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengusir tikus. Klip beberapa helai rambut dan lemparkan ke dalam lubang tikus, atau di tempat yang paling sering mereka kunjungi. Seperti tikus akan memakan rambut, mereka akan mati.

11. Kotoran sapi

Ini memang agak menjijikkan dan bau, tapi salah satu cara terbaik untuk mencegah hewan pengerat datang adalah dengan cara ini. Ambil beberapa tumpuk kotoran sapi dan sebarkan di loteng atau kebun. Saat tikus memakan kotoran sapi, itu akan mengganggu perut mereka dan menyebabkan mereka mati. Dengan demikian, membantu menyingkirkan tikus di luar rumah.

12. Kotak suara

Suara yang bising atau suara yang keras, tidak hanya menyakiti mereka, tapi juga membuat telinga mereka berdarah. Kotak musik pembuat suara bisa Anda letakkan di dekat sarang tikut agar mereka melarikan diri.

13. Bedak Bayi

Meski metode ini tidak begitu efektif, namun Anda bisa mencobanya sekali. Taburkan bedak bayi di sudut dan di sekitar daerah rawan tikus. Bubuk ini memabukkan tikus dan membantu Anda menyingkirkannya sampai batas tertentu.

14. Steel Wool

Ingin menyingkirkan tikus di dinding? Buat penghalang menggunakan steel wool atau wol baja. Lebih sulit bagi tikus untuk menggigit wol baja. Jadi, cari tahu jalur akses mereka dan blokir jalannya.

Tips lainnya, selalu jaga kebersihan rumah. Tutup semua akses yang memungkinkan jadi tempat tikus bersarang. Letakkan tempat sampah dengan rapi dan selalu tutup rapat. Anda juga bisa memelihara kucing. Bersihkan semua sisa makanan dan minyak sisa masakan.

Bila Anda merasakan ada kehadiran dari hewan pengerat ini, bersihkan lantai dengan larutan pemutih dan air untuk melindungi keluarga Anda dari penyakit yang mungkin ditularkan lewat tikus.

Buang air yang ada di sejumlah pot bunga dan sumber lainnya. Potong semak-semak tanaman yang tinggi di kebun Anda. Dan ingat, jangan biarkan sisa makanan tersebar di lantai, dan jangan biarkan makanan terbuka.

Laporan: Sella Maulidya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya