Trik Berkebun Sayur di Rumah

Berkebun
Sumber :
  • Pixabay/ rawpixel

VIVA – Punya rumah dengan lahan dan pekarangan yang luas, adalah hal yang menyenangkan. Namun seringkali, pekarangan luas tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal, pekarangan yang luas, atau bahkan kecil, bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur.

Negara Asia Ini Bisa Tanam dan Panen Sayuran di Luar Angkasa

Tidak ada salahnya mencoba menanam sayuran sendiri di pekarangan Anda. Selain dapat menghemat karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli sayuran, dengan menanam sayuran sendiri tentunya akan lebih terjamin kesehatan, dan kebersihannya.

Namun sayangnya tidak semua orang tahu, dan mengerti bagaimana cara menanam yang baik. Terutama untuk para pemula yang ingin mencoba. Nah, sebagai tips, seperti dilansir dari Real Simple, berikut adalah lima cara menanam untuk para pemula.

Mau Mulai Berkebun? Siapkan 5 Peralatan Ini Dulu di Rumah

1. Ketahui daerah Anda

Tidak semua tanaman dapat tumbuh subur di pekarangan Anda, karenanya penting sebelum menanam suatu tanaman mencari tahu terlebih dahulu mengenai asal usul tanaman, bagaimana perawatannya, dan di mana saja ia dapat tumbuh berkembang. Jika sesuai dengan kriteria tanah di daerah Anda tinggal, Anda dapat memilih tanaman tersebut.

Berkebun Vertikal di Lahan Rumah Minimalis

2. Lihat kualitas tanah

Menurut ahli kebun Christy Dailey, jika memiliki tanah dengan kualitas yang baik dapat mempermudah proses tumbuh dan berkembang tanaman. Salah satu cara mudah melihat tekstur tanah dengan menggunakan sebuah sekop. Apakah tanah tersebut mudah dihancurkan baik dengan sekop atau dengan tangan. Jika tanah terasa sangat keras akan sulit bagi kebanyakan tanaman untuk hidup.

3. Mulailah dengan tanaman yang mudah

Memulai menanam tanaman tidaklah mudah, selain itu juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karenanya bagi para pemula sebaiknya memulai dengan tanaman yang mudah dirawat, dan dapat tumbuh berkembang dengan mudah seperti cabai, dan tomat. Dari tanaman mudah tersebut, Anda dapat belajar bagaimana merawat tanaman dengan baik. Jika berhasil dan bisa memproduksi banyak buah, baru selanjutnya, mencoba tanaman dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

4. Buat rencana

Agar Anda dapat belajar bagaimana menanam dengan baik, sebaiknya buatlah rencana menanam. Sebelum Anda mulai menanam pelajari terlebih dahulu apa saja yang diperlukan,  lalu siapkan, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sebuah tanaman dapat hidup dan berkembang. Tak lupa pelajari bagaimana cara tanaman itu berkembang, dan seperti apa setiap bentuk perkembangannya. Dari rencana tersebut, Anda akan lebih tenang dan lebih mudah merawat tanaman Anda, karena sudah terdata apa saja yang harus dilakukan setiap harinya.

5. Buat catatan

Ketika mulai menanam sebuah tanaman, Anda akan lebih mengerti tanaman apa yang sesuai dengan Anda, tanaman apa yang sesuai dengan gaya berkebun Anda. Dengan begitu akan lebih mudah mengetahui taman impian seperti apa yang diinginkan. Membuat catatan setiap detail pertumbuhan tanaman, juga mempermudah Anda dalam mengatasi masalah tanaman-tanaman berikutnya. Jadi ketika ada suatu masalah atau rintangan, Anda dapat membuka catatan dan melihat bagaimana mengatasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya