6 Tanaman Hias Bikin Rumah Sehat dan Segar

Tanaman hias dalam rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat ini, seseorang dapat terserang penyakit kapan pun dan di mana pun, dengan berbagai macam cara. Salah satunya melalui udara, dan rumah merupakan salah satu tempat terbaik untuk berlindung dari serangan penyakit tersebut.

10 Tanaman yang Bisa Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Karenanya, selain didesain senyaman mungkin, sebuah rumah juga harus dijaga kebersihannya agar penghuni di dalamnya dapat terjaga kesehatannya. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan pemilik rumah, selain menjaga kebersihan, dapat juga menggunakan aksesori berupa tanaman hias yang dapat menyaring udara di dalam ruangan.

Seperti dilansir dari Elle Decor, berikut adalah enam rekomendasi tanaman hias yang dapat membuat udara ruangan lebih segar.

Sosok Mang Uprit, Pria yang Marah Edelweiss Rawa di Ranca Upas Hancur Digilas Trail

1. Daun karet

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Lepas Ekspor Tanaman Hias

Selain memberikan aksen dramatis pada ruangan, daun karet juga dapat mengeluarkan racun udara, serta dapat melawan virus, dan parasit. Sebuah studi membuktikan bahwa tanaman daun karet dapat menghilangkan formaldehyde (zat kimia gas yang bisa menyebabkan kanker) dari udara, yang sering ditemukan dalam perlengkapan pembersih, dan furnitur.

2. Pakis biston

Tanaman satu ini dapat menghilangkan polutan di udara, termasuk formaldehyde, xylene, dan toluene yang dianggap menyebabkan sakit kepala, kesulitan bernapas, dan pertumbuhan sel kangker. Pakis boston juga dapat meningkatkan kelembapan di dalam ruangan.

3. Palem merah

Sebuah studi NASA pada 1989, mengatakan tanaman palem merah merupakan salah satu tanaman pemurni udara yang paling kuat. Karena kemampuannya yang dapat menghilangkan formaldehyde dari lingkungan di dalam ruangan.

4. Lily

Selain memberikan ketenangan, tanaman lily juga dapat menyaring udara. Sebuah studi NASA menunjukkan bahwa lily dapat menyaring benzena, dan amonia dari udara di dalam ruangan. Benzena dan amonia merupakan rancun yang dapat menyebabkan sakit kepala, masalah pernapasan, dan peningkatan risiko kanker.

Selain itu lily juga dapat menghilangkan jamur di udara yang dapat memancing gejala alergi, dan asma. Beberapa tempat rekomendasi untuk meletakkan tanaman lily adalah ruang kamar mandi untuk mengurangi pertumbuhan jamur.

5.  Lidah mertua

Lidah mertua merupakan tanaman hias yang sudah populer di Amerika Serikat sejak berabad-abad yang lalu. Tanaman hias ini menjadi populer, karena mereka dapat menghilangkan berbagai macam polutan, seperti benzena, formaldehyde, trichloroethylene (TCE), xylene, dan toluene dari udara. 

Tanaman ini dapat mudah tumbuh, dan bagian daunnya dapat direbus untuk dijadikan obat holistik, yang dapat mengobati rasa sakit dan iritasi, saat diletakkan langsung ke kulit. Namun, perlu diperhatikan rebusan tanaman lidah mertua ini tidak dapat diminum.

6. Tanaman philodendron

Selain merupakan tanaman yang mudah tumbuh subur. Tanaman philodendron dapat membersihkan udara dari racun-racun yang biasanya terdapat di lem dan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya