Perabotan Rumah yang Bisa Digunakan untuk Berlindung Ketika Gempa

Sebuah kursi berada diantara bangunan yang ambruk dampak gempa dan tsunami di kawasan Pantai Taipa, Palu Utara, Sulawesi Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Gempa dan tsunami Palu pada Jumat, 28 September lalu menyisakan sangat banyak cerita dari para korban bencana alam ini. Salah satunya kisah Fitri, yang saat gempa berlansung sedang berada di tempat dia menginap, yaitu Hotel Roa-Roa.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Perempuan berusia 25 tahun ini ditemukan dalam keadaan masih hidup, setelah tiga hari berada di reruntuhan bangunan hotel.

Menurut berita, Tim SAR menemukan Fitri dalam keadaan selamat, dalam posisi di bawah tempat tidur yang tertimpa beton. Berangkat dari kisah Fitri ini, ada pelajaran yang bisa kita ambil, untuk menyelamatkan diri ketika gempa berlangsung.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Pasalnya, tidak seperti bencana alam lainnya, gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan tanpa ada pertanda sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk bisa mempersiapkan diri kapan saja bencana tersebut melanda.

Apa saja yang seharusnya dilakukan ketika gempa terjadi dan kita berada di dalam ruangan? Perabotan apa saja yang bisa digunakan untuk melindungi diri? Berikut penjelasan lengkapnya!

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

BACA SELENGKAPNYA

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024