6 Kegunaan Praktis Sabun Batang, Enggak Cuma untuk Mandi

Ilustrasi sabun batang.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Bisa dibilang sabun batang sudah menjadi alat pembersih sejak zaman kuno. Dokumen Mesir Kuno mencatat penggunaan serupa sabun pada tahun 1500 SM. Pada masa itu, untuk membuat sabun, mereka mencampur minyak hewan dan minyak nabati dengan tambahan garam alkali. 'Sabun' itu digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan mencuci.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?

Hingga kini, sabun batang menjadi benda yang bisa dipastikan ada dalam hampir setiap rumah. Fungsi utamanya tentu saja untuk mandi dan membersihkan tubuh. Tapi tahukah Anda, selain untuk mandi, sabun batang juga bisa digunakan untuk enam hal berikut:

Menambal dinding

Daftar Kebiasaan Sepele yang Bikin Rusak Cat Mobil

Paku yang dicabut dari dinding biasanya meninggalkan lubang kecil. Nah, supaya dinding kembali rapi, Anda bisa menambalnya dengan sabun batang. Caranya dengan memilih sabun batang dengan warna serupa dinding. Kemudian gosokkan sabun di atas lubang, hingga lubang terisi. Kalau mau hasil yang lebih maksimal, lapisi dengan cat.

Hilangkan bunyi berdecit

Curhat Eksportir Dibuat Pusing Kirim Barang ke Luar Negeri karena Ini

Pasti menjengkelkan kalau tiap kali menggerakkan pintu, terdengar bunyi berdecit. Daripada emosi, ada kok cara gampang untuk menghilangkan bunyi yang mengganggu itu. Caranya juga gampang, cukup gosokkan sabun batang pada area yang berdecit.

Masih ada empat manfaat unik sabun batang lainnya di sini.

Mahasiswi Diah Fajar Ayu menciptakan inovasi sabun cuci piring dari kulit nanas.

Mahasiswa Universitas Jambi Ciptakan Sabun Cuci Piring dari Kulit Nanas

Diketahui saat ini produk sabun cuci piring ini juga sudah dipasarkan lebih luas ke masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024