Tips Agar Perabot Rumah dari Rotan Awet Tahan Lama

Produk rotan karakter by Me & Dots
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA – Memiliki hunian dengan perabot terbuat dari rotan, tentu akan menambah keindahan ruang. Karena hal ini, tak heran jika kerajinan rotan menjadi salah satu produk yang disukai banyak orang. Beragam produk dan perabotan rumah dari rotan tak hanya unik bentuknya, tapi juga dikenal awet dan bertahan lama.

Priyanka Chopra Kena Nyinyir, Jual Perabot Rumah Harga Selangit

Jika produk rotan dirawat dengan cara yang benar, maka, tampilan rotan sebagai hiasan rumah akan semakin indah. Namun, jika perawatannya salah, rotan akan mudah rusak bahkan berjamur. Tapi jangan khawatir, ada tips untuk Anda agar koleksi perabot rotan tetap awet dan cantik.

"Puluhan tahun bisa awet asal tidak kena air. Produk rotan yang bagus juga bisa dikenali saat disentuh dengan tangan, tidak menusuk jari," ujar owner Me & Dots, Liana Maryani, kepada VIVA di Jakarta beberapa waktu lalu.

Memulai Rumah Tangga, Perabot Elektronik Ini Jadi Kebutuhan Penting

Salah satu hal yang wajib diperhatikan pada produk kerajinan rotan adalah debu yang menempel. Ini bisa menjadi sumber kuman maupun pemicu warna rotan menjadi kusam.

Pekerja membersihkan dan menata berbagai jenis mebel terbuat dari rotan

Cara Gagas Energi Bantu Kerajinan Rotan RI Go Global

"Kalau bisa bersihkan setiap seminggu sekali. Gunakan lap basah tapi jangan yang berair sekali, karena air bisa membuat rotan tidak awet," jelasnya.

Jika ada kekhawatiran kain yang dipakai terlalu basah dan malah memicu kerusakan pada rotan, Anda bisa menggunakan kain kering. Tetapi, pemakaian kain kering memang tidak membuat debu pada produk rotan hilang secara maksimal.

"Kalau tetap mau bersih dan terhindar dari basah, bisa bersihkan debu pakai kuas kering. Disapukan secara mendetail agar debunya tidak tertinggal." (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya