Mau Desain Kamar Mandi, Ini Hal Yang Mesti Diperhatikan

Ilustrasi kamar mandi.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA – Kamar mandi dan toilet seringkali menjadi hal yang terlupakan pada saat mendesain rumah. Banyak orang mempercantik ruang tamunya, namun membiarkan desain kamar mandi tertinggal terbelakang.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Padahal, menurut desainer asal Spanyol, Jaime Hayon, kamar mandi merupakan salah bagian rumah yang paling. Ia mengatakan, mendesain kamar mandi sama pentingnya dengan mendesain ruang tamu atau bagian rumah lainnya. Lalu, apakah desain kamar mandi juga harus menyesuaikan dengan nuansa ruang lainnya?

"Itu sebetulnya kembali ke selera orang masing-masing. Tapi yang paling esensial dalam mendesain kamar mandi ialah yang mendukung fungsi dan kenyamanannya," ucap  Hayo saat peluncuran kolaborasinya yang bernama TOTO by Hayon, di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Selasa, 30 April 2019.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Sehingga, lanjut ia, pemilihan warna, pemilihan dan instalasi perangkat, penataan cahaya baik sebagai aksen maupun penerangan utama, menjadi bagian dari keseluruhan tata estetika interior kamar mandi.

Tren sendiri menunjukkan bahwa peran dan fungsi kamar mandi telah bertambah seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan desain interior. Area ini kini dirancang untuk mendukung kebutuhan penghuni dalam memanjakan diri.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

"Karenanya inovasi desain menjadi referensi dan inspirasi penting dalam membangun rumah," kata dia.

Pada kolaborasi kali ini, ia mengatakan bahwa dirinya memadukan kesederhanaan dari segi desain dengan kecanggihan dari segi fungsi. Artinya, perlu ada keselarasan dari sisi visual dan dekoratif dengan sisi fungsi yang efisien.

"Kedua sisi harus terajut menjadi sebuah desain utuh yang klasik, bertahan dan berkelanjutan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya