Sektor Properti: Masa Pandemi Lahirkan Ragam Promo dan Harga Terbaik

Program Move in Quickly dari Sinar Mas Land.
Sumber :

VIVA – Di balik kesulitan ada kemudahan. Tampaknya nasehat bijak ini sangat pas menggambarkan kondisi pandemi Covid-19 di dunia properti.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Pada satu sisi, roda ekonomi menjadi lambat bergerak. Di sisi lain terdapat banyak stimulus bagi masyarakat untuk memiliki hunian.

Tidak mengherankan bila banyak pengamat menyebut masa pandemi sebagai waktu emas membeli hunian. Mereka menilai harga jual hunian yang terbentuk saat ini merupakan yang terbaik dibandingkan masa-masa di luar pandemi.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Direktur Eksekutif Indonesia Properti Watch (IPW) Ali Tranghanda menegaskan sekarang momentum yang tepat untuk membeli rumah karena banyak kemudahan dari perbankan dan pengembang.

Program menarik tersebut di antaranya suku bunga terjangkau dari perbankan dan uang muka (down payment/DP) dibayar pengembang.

Kembangkan Kawasan Hijau, Lippo Cikarang Sudah Tanam 95.427 Pohon

Kondisi kali ini pun berbeda dengan krisis ekonomi pada 1998. Menurut Ali, krisis ekonomi ketika itu membuat daya beli masyarakat sangat lemah.

“Akan tetapi, kondisi pandemi saat ini daya beli masyarakat khususnya kelas menengah dan atas masih tinggi. Hanya, mereka menahan untuk melakukan belanja," ungkapnya.

Ali mengaku salah satu terobosan pengembang yang menarik perhatiannya yaitu Sinar Mas Land. Pasalnya, pengembang ini bersedia membayarkan uang muka bagi para konsumennya melalui program Move in Quickly yang berlangsung dari 22 Maret sampai 31 Desember 2020.

Ia mengibaratkan sekarang posisi pembeli berada di atas karena memiliki daya tekan kepada pengembang dalam menetapkan harga produk.

Dalam program itu, Sinar Mas Land memberikan beragam promo, mulai dari potongan harga jual, gratis BPHTB, hingga keringanan pembayaran. Dengan kata lain, lanjut Ali, saat ini konsumen dapat membeli rumah sebagai kebutuhan pokok dengan harga paling kompetitif.

Belum tentu terulang lagi

Bank-bank terkemuka turut memberikan kemudahan kredit bagi konsumen yang membeli rumah milik pengembang properti ternama pada saat sulit seperti sekarang. Ini didasari kepercayaan bank terhadap perusahaan tersebut yang memiliki rekam jejak baik.

Karena itulah, peluang emas di industri properti tersebut harus benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin memiliki hunian. Ali mengingatkan peluang itu belum tentu terulang lagi setelah masa pandemi berakhir.

"Manfaatkan program-program itu, karena belum tentu ada lagi. Meski demikian, investor tetap harus jeli untuk tidak sembarang membeli karena reputasi pengembang harus menjadi faktor pertimbangan utama," ujarnya.

Dia menandaskan bahwa sejumlah program promo itu diharapkan terus berlanjut di masa mendatang. Dengan demikian, masyarakat semakin dapat menjangkau produk-produk hunian berkualitas.

Move in Quickly

Managing Director Strategic Business & Services Sinar Mas Land, Alim Gunadi, menambahkan bahwa program promosi Move in Quickly berlaku mulai 22 Maret hingga 31 Desember 2020.

Produk yang ditawarkan pengembang dengan kiprah lebih dari 40 tahun tersebut berupa rumah, rumah toko (ruko), kios, dan apartemen, baik siap huni (ready stock) maupun sedang dibangun (under construction).

“Ini merupakan upaya kami membantu konsumen melewati masa sulit untuk memiliki hunian dengan harga kompetitif dan cepat, yakni sekitar satu bulan semua proses sudah selesai,” ucap Alim.

Move in Quickly dibagi menjadi tiga periode, yakni 22 Maret-30 Juni, 1 Juli-30 September, dan 1 Oktober-31 Desember.

Alim menyatakan sekarang Move in Quickly masih berada di periode pertama. Kelebihan periode ini yaitu konsumen menikmati potongan harga terbesar dibandingkan setelahnya.

Terdapat keringanan pembayaran 15 persen bagi konsumen yang membeli produk siap huni (ready stock) lewat KPR Express. Jika pembelian dilakukan dengan pembayaran tunai, konsumen mendapat diskon harga hingga 20 persen.

Konsumen yang membeli unit yang sedang dibangun (under construction) lewat KPR bisa mencicil DP sebesar 15% sebanyak 12 kali.

Konsumen juga akan mendapatkan diskon 15 persen dari nilai akad kredit. Namun, Alim mengingatkan bahwa periode pertama Move in Quickly akan ditutup pada akhir bulan ini.

Masih ada sekitar tiga minggu lagi kesempatan konsumen mendapat potongan harga terbesar dalam program promo tersebut.

Jangan sampai terlewat karena keberuntungan tidak akan datang dua kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya