Hunian Bebas Banjir, Dekat Tol tapi Harga Terjangkau Bukan Mustahil

Ilustrasi banjir.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Pertumbuhan jumlah masyarakat di Indonesia yang aktif berinvestasi saat ini masih tergolong sangat kecil. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat luas terkait investasi dan beragam instrumennya. Meski begitu, masyarakat harus membekali diri dengan pengetahuan agar tidak salah pilih instrumen.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Terlebih, pandemi COVID-19 seperti sekarang cukup mempengaruhi keputusan investor dalam memilih produk-produk investasi. Salah satunya investasi properti. Bicara investasi di sektor ini yang harus diperhatikan di antaranya lokasi dan harga.

Baca: Laris Manis, Perusahaan Ini Jadi Rebutan Investor Global

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Pendiri Pranadipa Development, Chandra S. Kusuma mengatakan, lokasi yang dimaksud bukan hanya akses yang dekat pusat bisnis maupun jalan tol, tetapi juga bebas banjir.

Menurutnya, memilih hunian yang bebas banjir saat ini menjadi pertimbangan yang sangat penting. Karena, hunian yang tidak terbebas dari banjir, selain menyusahkan dan membuat ribet, juga merugikan secara materi. "Tentu kawasan hunian bebas banjir menjadi nilai plus," ungkapnya, Rabu, 16 September 2020.

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Selain bebas banjir, memilih lokasi yang strategis juga menjadi pilihan yang penting. Perumahan kluster The Hermosa Garden bisa menjadi contoh, yang berada di wilayah Sawangan Lama, Depok, Jawa Barat merupakan lokasi yang cukup strategis, bebas banjir, dan akses ke mana pun juga mudah.

"Kluster kami tidak terdapat genangan akibat intensitas hujan yang tinggi. Karena lokasinya yang strategis, maka dekat dengan pusat perbelanjaan, sekolah, pasar modern, rumah sakit, dan stasiun KRL. Untuk menuju ke arah Jakarta juga cepat, sebab dekat lokasi telah dibangun Tol Brigif-Sawangan," jelas dia.

Selanjutnya harga. Chandra tidak menampik jika harga tanah dan perumahan yang lokasinya strategis dan dekat jalan tol mengalami kenaikan. Namun ia mengaku The Hermosa Garden harganya tetap, atau di atas Rp500 jutaan dengan tipe yang cukup luas.

Untuk memiliki rumah di kluster tersebut cukup mengeluarkan uang muka (down payment/DP) Rp50 juta, serta angsurannya Rp4 jutaan per bulan. "Konsumen bisa menambah DP untuk memperkecil angsurannya. Kalau pembeliannya di bulan ini maka akan dapat bonus emas 10 gram," papar Chandra.

Kluster The Hermosa Garden memiliki 2 tipe rumah, yakni standard type dan deluxe type. Dengan tambahan fasilitas One Gate System tentu menjadikan kluster ini cocok sebagai investasi jangka panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya