Cantiknya Janda Bolong Harganya Capai Ratusan Juta

Monstera atau janda bolong andasonii
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Tanaman Monstera atau yang kerap disebut Janda Bolong belakangan tengah menjadi tanaman yang populer dikembangbiakkan masyarakat selama pandemi COVID-19. Saking populernya tanaman hias ini, membuat harga jual janda bolong meroket hingga ada yang mencapai Rp250 juta. 

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

Salah satu e-commerce menjual tanaman monstera atau janda bolong jenis adansonii yang dijual mencapai Rp250 juta untuk satu pot tanaman. Harga janda bolong ini meroket lantaran permintaan yang begitu banyak namun tidak diimbangi dengan jumlah budidaya tanaman tersebut. 

Selain memang dijadikan sebagai tanaman hias, janda bolong ternyata memiliki manfaat lainnya dari sisi kesehatan. Tanaman janda bolong alias monstera ini diketahui dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Baca Juga: Janda Bolong-Kaktus, Deretan Tanaman Hias Bikin Udara di Rumah Sehat

Lalu jenis monstera apa saja yang memiliki harga selangit? Berikut ini jenis tanaman janda bolong atau monstera yang memiliki harga selangit.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

1. Monstera Andasonii 

Tanaman Andasonii ini memiliki harga jual hingga Rp250 juta di salah satu e-commerce kenamaan di tanah air. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan meruncing serta lubang daun yang tertutup seluruhnya.

Monstera atau janda bolong andasonii

2. Monstera Obliqua

Salah satu e-commerce di tanah air menjual monstera obliqua ini dengan harga mencapai Rp75 juta. Monstera atau janda bolong obliqua adalah spesies dari genus Monstera yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Bentuk obliqua yang paling terkenal adalah yang berasal dari Peru, sering digambarkan sebagai "lebih banyak bolong dibanding daunnya". 

Monstera obliqua sangat langka dan Anda tidak akan menemukannya di toko pembibitan atau toko besar maka tidak heran jika tanaman ini harganya selangit. 

Monstera atau janda bolong obliqua

3. Monstera Deliciosa

Salah satu e-commerce di tanah air membanderol Monstera Deliciosa mencapai Rp17 juta. Monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat dewasa. Monstera deliciosa merupakan jenis tanaman yang jarang berbunga atau menghasilkan buah.

Monstera Deliciosa

Cara perawatan:

Karena harga janda bolong atau monstera yang saat ini melambung, penting untuk merawatnya dengan tepat. Untuk menyimpan monstera ada baiknya ditaruh di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Kemudian siram tanaman ini setiap 1-2 kali seminggu, biarkan tanah mengering sebelum menyiramnya. Untuk menyimpannya di ruangan, sebaiknya simpan di ruangan lembab dengan suhu 18-30 derajat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya