Studi: Millennial Tak Mau Beli Rumah, Apa Sebabnya?

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Survei yang dilakukan National Association Realtors, sebuah lembaga marketing properti, mengatakan bahwa generasi Milenial tidak memiliki ketertarikan untuk membeli rumah. Sebaliknya, mereka lebih memilih untuk menyewa rumah.

Komunitas Orang Papua di Yogyakarta Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Dilansir dari Huffington Post, Kamis, 28 Desember 2017, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa ada beberapa alasan para millennial ini tidak membeli rumah, dan lebih memilih membeli rumah ketika sudah mapan dan berkeluarga. Berikut adalah beberapa alasan para millennial enggan untuk membeli rumah sendiri.

1. Pendapatan yang masih minim
Beberapa millennial saat ini masih belum bekerja, atau ada yang sudah bekerja namun masih memiliki penghasilan minim. Kondisi tersebut menyebabkan membeli rumah menjadi list terakhir di benak mereka.

Profil Andi Jerni, Atlet Karate yang Sentil Balik Omongan Megawati Soal Sumbangsih Generasi Milenial

Dengan usia yang masih relatif muda para millennial, lebih berpikiran untuk mencari pengalaman dan berpindah kepada perusahaan lain ketika menerima penawaran pendapatan yang lebih baik.

2. Masih memiliki tanggungan pinjaman pendidikan
Beberapa millennial berusia 18-29 tahun yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, diantaranya ada yang masih harus melunasi tanggungan pinjaman pendidikannya selama di bangku kuliah.

Viral Lagi Video Megawati Remehkan Sumbangsih Generasi Milenial pada Negara, Disentil Atlet Karate

Hal tersebut membuat mereka enggan untuk membeli rumah terlebih dahulu, sampai mereka selesai melunasi pinjaman mereka.

3. Memiliki kecemasan sendiri
Beberapa millennial saat ini ada yang terkena resesi ekonomi di mana mereka harus menghadapi dampak dari memulai karier di tingkat rendah. Beberapa juga masih kesulitan mencari pekerjaan akibat persaingan yang sangat ketat.

Karenanya para millennial sangat berhati-hati untuk menginvestasikan uangnya. Terutama dengan perekonomian saat ini yang cukup sulit, membuat tidak sedikit dari millennial melihat orang tuanya menjual rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup, beberapa yang menyaksikan hal tersebut dapat mengalami trauma dan menjadi enggan untuk memiliki rumah sendiri.

4. Harga rumah yang terus meningkat
Dengan berjalannya waktu harga sewa tempat tinggal terus bertambah setiap tahunnya. Begitu pula dengan harga rumah terus naik. Namun sayangnya dengan biaya hidup meningkat tidak diiringi pertambahan pendapatan. Hal tersebut menjadi kendala tersendiri bagi millennial untuk membeli rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya