Kunci Sukses Merawat Tanaman untuk Pemula

Ilustrasi tanaman rempah
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Memiliki halaman rumah yang asri menjadi dambaan banyak orang. Tak sedikit mereka akhirnya rela merogoh kocek lebih dalam untuk belanja tanaman hias.

Ada Tanaman Menjerit di Israel

Menurut pakar tanaman, Jamie Durine, sebagaimana dilansir dari laman Nine, meletakkan tanaman di rumah dapat bermanfaat bagi kesehatan.

"Baik tanaman tersebut berada di dalam, atau di luar ruangan, tanaman dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah hingga 25 persen," ucap Jamie.

Skincare Berbahan Dasar Tanaman Khas Indonesia Dikembangkan Melalui Kerja Sama Ini

Selain itu, tanaman juga memiliki manfaat lainnya, antara lain mengurangi stres, membantu konsentrasi belajar anak, hingga mengurangi kecemasan.

Tapi sayangnya, minim pengetahuan soal merawat tanaman, membuat tanaman di rumah tak hidup lama. Jika Anda juga mengalami hal demikian, berikut ini ada tips dari Jamie tentang merawat tanaman untuk pemula.

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

Umumnya setiap tanaman membutuhkan empat unsur, yaitu nutrisi, sinar matahari, air, dan tanah yang subur. Menurut Jamie, jika Anda menanam tanaman di luar rumah, pilihlah area yang paling banyak terkena sinar matahari. Karena sinar matahari adalah kebutuhan yang sangat vital bagi tanaman.

"Setiap tumbuhan, bunga, sayuran, atau buah-buahan, mereka semua membutuhkan sinar matahari langsung setiap harinya. Sekitar empat sampai tujuh jam per hari, " ucap Jamie.

Begitu pula dengan tanaman indoor. Menurut Jamie, tanaman apapun pasti membutuhkan sinar matahari. Jadi ketika Anda memutuskan untuk memiliki tanaman indoor, sebaiknya Anda letakkan tanaman tersebut di dekat jendela. Agar tanaman tersebut tetap mendapatkan sinar matahari, walaupun sedikit.

"Agar pertumbuhan tanaman berjalan dengan sempurna, sebaiknya tetap membiarkan tanaman indoor mendapatkan sinar matahari selama tiga sampai empat jam di ambang jendela. Jangan lupa untuk memutar atau menggeser tempat pot atau vas agar seluruh bagian tanaman tersebut, mendapatkan sinar  matahari yang merata," ucapnya.

Selain unsur tersebut, jangan lupakan bahwa tanaman membutuhkan alas tumbuh yang baik, yaitu tanah subur, nutrisi cukup, hingga pemberian air secara rutin. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya