Lima Tips Pilih Rumah Kontrakan Sesuai Kebutuhan

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Memiliki rumah sendiri yang aman dan nyaman bagi keluarga adalah impian setiap orang. Namun apabila Anda belum dapat membeli rumah pribadi, mengontrak rumah adalah alternatif yang tepat.

Ekonomi, Jadi Alasan Ammar Zoni dan Irish Bella Tinggal Terpisah

Adakalanya memilih rumah kontrakan tidak semudah yang dibayangkan, beberapa faktor harus menjadi pertimbangan agar Anda mendapatkan rumah kontrakan yang nyaman bagi keluarga. Dilansir dari Curbed, Selasa 23 Januari 2018, berikut adalah tips memilih rumah kontrakan.

1. Survei kecil-kecilan
Ketika memilih rumah kontrakan, Anda dapat bertanya kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda atau orang yang tinggal di daerah kontrakan. Anda dapat menanyakan bagaimana kondisi lingkungan rumah tersebut, dan mencari tahu kepada pemilik rumah bagaimana sistem penyewaan rumah tersebut. Apakah dibayar setiap bulan atau per tahun, lalu apakah harus membayar uang jaminan atau tidak, dan fasilitas apa saja yang Anda dapatkan di rumah tersebut.

Dino Patti Djalal Curiga Rumahnya Disewa Sindikat Online Scam, Begini Temuan Polisi

2. Lokasi
Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah lokasi rumah kontrakan Anda. Berapa jarak antara rumah dengan kantor, sekolah, rumah sakit, hingga transportasi umum. Sebaiknya ketika menyewa rumah, pilihlah yang dekat dengan tempat bekerja. Sehingga Anda dapat menghemat ongkos.

3. Gunakan agen penyewaan rumah
Jika Anda tidak dapat berada di sana secara pribadi untuk memilih dan melihat rumah kontrakan, Anda dapat menggunakan agen penyewa rumah yang dapat membantu Anda. Karena agen tersebut dapat memberikan informasi lokasi, harga, fasilitas, bentuk bangunan, lingkungan, hingga proses pembayaran rumah kontrakan tersebut.

Bingung Sewa atau Beli Rumah? Coba Cara Ini

4. Jangan lupa tinggalkan berkas Anda
Jika Anda menggunakan agen penyewaan rumah, siapkan dokumen pribadi Anda seperi nomor telepon, foto kopi KTP, dan sejenisnya. Sehingga penyewa rumah dapat melihat profil Anda, dan merasa yakin untuk menyewakan rumahnya kepada Anda.

5. Gali informasi sebanyak mungkin
Ketika sudah menemukan rumah kontrakan yang sesuai. Jangan lupa untuk memastikan seberapa aman rumah tersebut. Bagaimana penjagaan keamanannya setiap hari, apakah rumah tersebut punya pagar atau tidak, apakah ada batasan jam malam untuk jalan masuk menuju rumah tersebut atau tidak, hingga biaya tambahan lainnya seperti biaya keamanan, sampah, listrik dan lainnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya