Fakta Unik Imlek, Nomor 4 untuk Para Jomblo, Nih

Imlek 2018 di China.
Sumber :
  • China Daily via REUTERS

VIVA – Selamat Tahun Baru Imlek! Nuansa merah dan emas mewarnai berbagai daerah di banyak negara. Kemeriahan Imlek yang dirayakan tanggal 16 Februari ini menjadi hal menarik bagi masyarakat awam. 

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Seperti apa perayaan besar bagi masyarakat Tionghoa ini? Yuk, mengenal perayaan Imlek, seperti dilansir dari Chinese Highlight.

  1. Disebut Festival Musim Semi
Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Meskipun musim dingin, masyarakat China akan menyebut tahun baru dengan festival musim semi. Sebabnya, awal musim semi biasanya jatuh pada tanggal 4 hingga 18 Februari merupakan yang pertama dari penanggalan matahari. Awal musim semi menjadi penanda akhir musim dingin, saat yang sangat dinantikan masyarakat China. 

  1. Setiap Tahun Baru diawali zodiak baru
Atraksi Barongsai Hingga Pameran Satwa Meriahkan Perayaan Imlek

Setiap tahun akan diisi dengan pergantian nama zodiak 12 hewan yang dikenal oleh masyarakat China. Banyak orang China percaya astrologi.

  1. Libur panjang

Di China, saat Imlek tiba, baik semua sekolah termasuk universitas akan libur selama sebulan penuh. Sementara Macau, Hongkong dan negara lainnya termasuk Indonesia, memiliki hari libur nasional. Di Vietnam dan Korea Utara, libur Imlek bisa sampai tiga hari, empat hari libur di Taiwan, kemudian satu hari libur di Indonesia, Brunei Darussalam dan Filipina. 

  1. Penuh tekanan bagi yang masih single

Tahun baru China mungkin menjadi hal menyenangkan bagi banyak orang, tapi tidak bagi mereka yang masih single di batas usia tertentu. Dalam masyarakat China seorang wanita harusnya sudah menikah di usia 30 tahun dan pria di usia 32 tahun.

Jadi biasanya tahun baru China merupakan hal yang penuh tekanan dan memalukan bagi mereka yang masih jomblo. Bahkan untuk menghindari ini, orangtua akan menjodohkan anak mereka. 

Untuk keluar dari masalah ini, biasanya para jomblo akan menyewa pacar selama tahun baru yang bisa didapat lewat sebuah website dan agen khusus. 

  1. Tanggal bervariasi

Tidak seperti Tahun Baru Masehi yang selalu jatuh di tanggal yang sama, Tahun Baru China selalu jatuh di tanggal yang berbeda dengan rentang waktu antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya