Logo BBC

Warga Uzbekistan Dilarang Gelar Pesta Pernikahan Mewah

uzbekistan
uzbekistan
Sumber :
  • bbc

VIVA – Rakyat Uzbekistan punya tradisi menggelar acara pernikahan dengan mewah, yang dihadiri ratusan tamu undangan dan iring-iringan mobil. Namun, tradisi itu tengah dilawan pemerintah dengan mengusulkan pernikahan hemat biaya, yang menuai beragam tanggapan di media sosial.

Pesta perkawinan yang dihadiri 400 tamu dan iring-iringan mobil adalah hal biasa di negara Asia Tengah itu, walau 12,8 persen warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

Tajikistan, yang merupakan negara tetangga Uzbekistan, juga mengusulkan pembatasan tamu undangan yang hadir dalam sebuah acara pernikahan pada 2011.

Draf pembatasan, yang diterbitkan untuk sidang dengar pendapat pada Kamis, 22 Maret 2018 menganjurkan pembatasan hidangan daging, jumlah tamu sampai 150 orang, dan melarang tuan rumah menyewa banyak penyanyi dan mobil-mobil pernikahan.

Ilustrasi pernikahan.

Usulan ini muncul beberapa hari setelah Presiden Shavkat Mirziyoyev mengkritik besarnya pengeluaran yang digelontorkan keluarga tidak mampu untuk membiayai pernikahan.

Biaya pernikahan yang dihabiskan senilai Rp275 juta di negara yang warganya rata-rata memiliki tiga anak, dan penghasilan bulanan sekitar Rp1,3 – 4,1 juta.