Jangan Ikut-ikutan Condom Challenge, Efeknya Bisa Fatal

Kondom.
Sumber :
  • Pixabay/kerryank

VIVA – Kondom mungkin membuat seks menjadi lebih aman. Tapi tren condom challenge yang belakangan viral di kalangan anak muda membuatnya jadi sangat berisiko.  

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan video berjudul The Condom Challenge. Ini mengejutkan, para remaja merekam diri mereka dengan cara berbahaya, yakni memasukkan kondom ke hidung dan menariknya melalui tenggorokan, lalu mengeluarkannya lewat mulut.

Sejumlah klip yang muncul di YouTube menunjukkan anak-anak tersedak ketika mereka mencoba untuk meniru tren tersebut. Meskipun ada bahaya kesehatan, para remaja melompat-lompat kegirangan untuk mendapatkan perhatian lebih di media sosial.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

"Karena hari ini remaja melakukan segalanya untuk likes, viewers dan subscribers. Apa pun tampilannya kita harus menunjukkan kepada orangtua karena remaja kini, online untuk mencari tantangan dan menirunya,” kata Stephen Enriquez, seorang pendidik kesehatan yang berbasis di Texas, seperti dilansir dari New York Post.

Ilustrasi kondom.

Kondom Juga Bisa Bikin Istri Melayang di Atas Ranjang, Begini Cara Stimulasinya

Para ahli seperti Enriquez memperingatkan siswa dan orangtua tentang bahaya dari tren tersebut, yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan tersedak.

Tersedak kondom tidak hanya menjadi pengalaman yang menyakitkan, karena juga bisa terjebak di rongga hidung atau tenggorokan. Bahkan, ada juga kemungkinan kondom masuk ke paru-paru.

"Hidung terhubung ke bagian belakang mulut, itu juga terhubung dengan saluran udara. Ada kemungkinan sesuatu yang masuk ke hidung Anda akan berakhir di tenggorokan atau di paru-paru Anda, yang berpotensi fatal," kata Dr Carol Cooper. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya