Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Selasa, 17 April 2018 | 06:40 WIB
  • Alasan Wanita Memilih Lepas Cincin Kawin

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Bimo Aria
Ilustrasi cincin kawin
Photo :
  • Pixabay/Kai Kalhh
Ilustrasi cincin kawin

VIVA – Bagi banyak pasangan menikah, mengenakan cincin pernikahan adalah sebuah simbol komitmen dan juga kesetiaan. Meski demikian, banyak juga perempuan yang memilih untuk melepaskan cincin tersebut dan menyimpannya di rumah.

Tapi apakah alasan di balik semua itu?

Dikutip dari Your Tango, sebuah penelitian di Inggris menemukan alasan nomor wahid wanita melepas cincinnya adalah terkait dengan karier. Satu dari tiga wanita menikah atau bertunangan akan melepaskan cincin karena takut merusak karier atau perkembangan karier mereka.

Itu karena banyak yang meyakini bahwa wanita menikah tidak bisa sukses di dalam pekerjaan sekaligus kehidupan personalnya. Apalagi jika mereka belum memiliki anak, maka menjadi alasan perusahaan untuk tidak menerima mereka.  

Lihat juga

Wanita karier.

Ketika dilihat lebih rinci, alasan perempuan melepas cincin mereka, antara lain 35 persen karena alasan pekerjaan, 29 persen saat menghadiri wawancara kerja, dan 22 persen ketika keluar bersosialisasi.

Dari 35 persen yang melepas cincin karena alasan pekerjaan adalah cincin itu akan membahayakan karier mereka. Masalahnya dengan melepaskan cincin kawin perempuan seolah menyerah pada persepsi sosial bahwa mereka tidak akan sukses dalam dunia karier dan keluarga jika sudah menikah.

Ada juga mentalitas yang mengatakan jika seorang wanita bertunangan, mempekerjakannya bisa berisiko. Ini karena dia akan segera keluar dari perusahaan itu, jadi pelatihan dan pekerjaan apa saja yang dilakukan di perusahaan sebelum cuti hamilnya akan terlihat sebagai pemborosan.

Sementara itu, dari 22 persen wanita yang mengaku bahwa melepas cincin ketika bersosialisasi dengan teman-teman mereka, lebih dari setengahnya atau 59 persen mengatakan ingin tampil sebagai single. Sedangkan 11 persen mengatakan karena ingin berselingkuh.

Tidak dapat dimungkiri bahwa baik pria maupun wanita diperlakukan berbeda dalam situasi sosial jika bicara soal cincin perkawinan atau tunangan. Meski demikian, hal itu juga sebagai tanda komitmen yang harus dijaga. Jadi semestinya cincin itu selalu dipakai.

Terpopuler