Ternyata Ini Rahasia Panjang Umur Orang Tertua di Eropa

Maria Giuseppa Robucci
Sumber :
  • Today.it

VIVA – Tidak sedikit dari kita berharap bisa memiliki umur panjang. Salah satu tujuannya, dapat melihat kesuksesan anak-anak.

Orang Tertua di Prancis Meninggal karena COVID-19

Berbagai cara pun dilakukan mulai dari mengatur pola makanan sehat hingga rajin berolahraga. Namun, seorang wanita tertua di Eropa yang pekan lalu meninggal di usia 116 tahun memiliki resep rahasia agar panjang umur.

Resep rahasia Giuseppina Projetto adalah rajin mengonsumsi cokelat setiap hari dan selalu memiliki sikap yang positif. Wanita yang dijuluki Nonna Italia itu lahir pada tahun 1902, sebelum akhirnya meninggal pada 6 Juli 2018 lalu.

Orang Tertua di Benua Biru Sembuh COVID-19, Apa Rahasianya?

Dilansir dari laman Travelandleisure, usai kepergiannya, posisi Projetto pun digantikan oleh Maria Giuseppa Robucci yang juga merupakan warga Italia. Robucci dinobatkan sebagai wanita tertua di Eropa dan menduduki peringkat ketiga wanita tertua di dunia. Sementara wanita tertua lainnya berasal dari Jepang.

Robucci yang berusia 116 tahun ini tinggal di Sardinia. Pada tahun 2015, dia mendapatkan gelar kehormatan sebagai walikota tertua di Italia di kampung halamannya, Poggio Imperiale.

Sepuluh Orang Tertua di Dunia Sepanjang Masa

Robucci mengungkapkan resep panjang umurnya adalah menjauhkan diri dari alkohol dan rokok. Itu terlepas dari fakta bahwa dia dahulunya mengelola bar bersama suaminya yang telah meninggal dunia pada tahun 1982.  

Robucci memiliki lima anak, sembilan cucu, dan 16 cicit. Dia juga mengatakan kepada harian lokal, Foggia Today bahwa dia suka makan roti dan tomat.

Sementara orang tertua di dunia yang masih hidup hingga saat ini adalah Chyho Miyako. Wanita berusia 117 tahun itu berasal dari Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya