5 Karya Luar Biasa I Nyoman Nuarta, Pematung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana
Sumber :
  • instagram.com/gwkbali

VIVA – Mendengar nama besar I Nyoman Nuarta tentu tak bisa dipisahkan dari mahakarya buatannya yang baru saja rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo, 22 September 2018. 

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga

Tak banyak orang menyadari, bahwa pematung kelahiran Tabanan, Bali ini juga telah menelurkan banyak karya patung yang identik dengan bahan tembaga dan kuningan dan ada di berbagai spot populer. Dari berbagai sumber dan juga akun media sosial I Nyoman Nuarta, kenalan lebih dekat yuk dengan karya-karya pematung lulusan ITB Fakultas Seni Rupa ini. 

Patung Ku Yakin Sampai Disana

Pindah ke Bali, Model Meliza Oktavilenny Beralih Jadi Content Creator

Sudah tahu dong dengan patung berbentuk pusaran yang menghiasi halaman depan Museum Nasional. Patung dengan judul Ku Yakin Sampai Disana ini juga merupakan karya I Nyoman Nuarta. Terlihat seperti pusaran, jika diperhatikan lebih dekat lagi, patung yang selalu jadi spot foto pengunjung ini memiliki beberapa sosok manusia yang terlihat menempel di sisi kanan dan kiri yang tampak berjuang untuk mencapai titik tertentu.

Patung Arjuna Wiwaha

Pemandangan Menakjubkan, Penyanyi Malaysia Kepincut Pantai Pandawa Bali

Monumen berbentuk patung kereta kuda dengan air mancur yang terletak di persimpangan jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Mereka ini tentu sudah tak asing lagi. 

Dibangun sekitar tahun 1987 oleh I Nyoman Nuarta bersama 40 seniman lain, patung ini menggambarkan adegan klasik dalam Mahabharata. Menurut Nyoman Nuarta, patung ini dibuat lantaran Presiden kedua RI, Soeharto merasa tidak menemukan monumen yang bisa memuat filsafat Indonesia. 

Patung Devi Zalim

Patung ini ada dalam NuArt Sculpture Park, menggambarkan sosok wanita tanpa wajah. Sosok seorang wanita penegak keadilan yang hendak menghukum seorang pria. Kata zalim berasal dari kata Dzolim, dalam bahasa Arab bermakna meletakkan perkara bukan pada tempatnya. 

NuArt Sculpture Park

Ingin melihat lebih banyak hasil karya I Nyoman Nuarta sekaligus mencicip kuliner khas Bali yang lezat, jangan sampai melewatkan waktu untuk mengunjungi museum NuArt yang terletak di Bandung, Jawa Barat. 

Miniatur GWK

Nah, kalau ingin melihat patung GWK yang ada di Bali namun belum sempat ke sana, bisa juga nih lihat versi miniaturnya yang ada di NuArt Sculpture Park.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya