Berikan Donasi untuk Korban Lombok Kini Lebih Mudah

Anak di pengungsian korban gempa Lombok
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA –Setiap kali bencana terjadi, bantuan yang datang biasanya hanya fokus saat bencana. Sedangkan pascabencana, seringkali orang mulai melupakan mereka yang berada di lokasi bencana, padahal saat-saat seperti itu menjadi hal krusial bagi para korban.

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Oleh karena itu, salah satu perusahaan e-commerce Shopee bekerja sama dengan tiga lembaga penyalur donasi, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat untuk memperkuat dampak kampanye dan menyalurkan donasi para konsumen Shopee ataupun masyarakat luas yang ingin memberi sumbangan namun bingung lewat mana. Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar mengatakan, esensi dari sharing di Shopee untuk membantu korban gempa di Lombok.

"Kami yakin yang namanya bantuan itu tidak untuk dipaksakan, tapi murni dari hati. Dan kami yakin, masih banyak seller, teman, karyawan, pembeli yang ingin membantu, masih banyak yang dibutuhkan masyarakat Lombok," kata dia di Jakarta Selatan, Senin 24 September 2018.

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Melalui program 'Shopee Bersama Lombok' yang berasal dari inisiatif 'Kampus Shopee Peduli Lombok', kampanye ini dilakukan mulai tanggal 24 September hingga 28 Oktober 2018. Kampanye bertujuan mendukung usaha pemulihan dan rehabilitasi dari gempa Lombok yang baru saja terjadi.

"Kampanye ini merupakan kontribusi lanjutan, di mana kali ini kami fokus dari masa transisi tanggap darurat menjadi masa pemulihan," kata Rezki.

Dengan menggandeng tiga lembaga penyalur donasi, para pengguna diberikan lebih banyak pilihan bentuk bantuan yang ingin diberikan dan meningkatkan efisiensi serta memperbesar dampak dalam penyaluran donasi Untuk berpartisipasi dalam kampanye ini, pengguna dapat memilih ragam paket donasi bantuan dari ketiga lembaga yang berpartisipasi, yang berkisar dari Rp75 ribu hingga Rp150 ribu.

Setelah membayar paket donasi, masing-masing pengguna akan mendapatkan sertifikat elektronik sebagai bukti donasi yang telah disalurkan. Selanjutnya, bantuan akan segera diproses oleh institusi yang telah dipilih pengguna.

Tiga program dari tiga lembaga yang berpartisipasi dalam Shopee Bersama Lombok, antara lain Aksi Cepat Tanggap mengangkat tema #IndonesiaBersamaLombok, yang memberikan pilihan donasi untuk Lombok mulai dari donasi air bersih untuk Lombok Bergerak Peduli Bencana Lombok, dan Rumah Sementara.

"Dengan gempa lebih dari 2.000 kali, air bersih menjadi kebutuhan dasar yang diperlukan, apalagi hujan yang turun bukan air konsumsi," kata Rini Maryani, Vice President Aksi Cepat Tanggap.

Sementara Dompet Dhuafa memberikan ragam donasi mulai dari Hunian Sementara (Huntara), donasi kolektif untuk Lombok, dan sekolah darurat. Sedangkan Rumah Zakat memberikan beberapa pilihan bantuan donasi, mulai dari bantuan mobil ambulans, pembangunan masjid, pembangunan MCK/toilet, pembangunan sekolah darurat, pembangunan dapur umum, dan pembangunan shelter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya