Logo BBC

Orang Indonesia Diakui Paling Banyak jadi Relawan

Seberapa baik orang-orang dari negara Anda?-Getty Images
Seberapa baik orang-orang dari negara Anda?-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Mengapa orang Indonesia lebih banyak yang jadi relawan, dua kali lipat dibanding orang Jerman padahal jam kerja di Indonesia tergolong yang terpanjang di dunia, sementara jam kerja di Jerman justru tergolong yang terpendek di dunia?

Dan mengapa warga Myanmar lebih sering berderma ketimbang orang Norwegia yang lebih kaya enam puluh kali lipat?

Kita semua sebenarnya mampu terlibat dalam kegiatan-kegiatan amal, namun pengaruh lingkungan membantu menumbuhkannya lebih baik, sebut sebuah laporan.

Membantu Orang Asing

Orang-orang Brasil dan Turki memiliki citra manusia yang ramah tamah, tetapi pertolongan terhadap orang asing, dua kali lipat lebih mungkin terjadi di Libya dan Irak, menurut laporan yang disusun Gallup, Most Generous Countries 2018.

Lembaga statistik Gallup bertanya kepada lebih dari 150.000 orang di 146 negara dalam penelitian yang dilakukan tahun 2017, apakah mereka, bulan sebelumnya, menyumbangkan uang untuk amal kemanusiaan, menjadi relawan untuk sebuah organisasi atau membantu orang asing.

Mereka menyimpulkan: dari 7,6 miliar penduduk dunia, sebanyak 2,2 miliar orang pernah membantu orang asing, 1,4 miliar orang pernah menyumbangkan untuk amal dan 1 miliar orang lainnya meluangkan waktunya untuk bekerja sukarela.